Seragam Baru Laboratorium

Posting Komentar
Logo laboratorium 
Sebagai seorang Laboran, kadang saat bertemu dengan pasien kita sering disebut sebagai dokter, :D amiin sajalah ya hehe, karena masyarakat hanya mengetahui struktur dalam dunia kesehatan itu hanya, Dokter, Perawat / mantri, Bidan dan Apotek. Sedangkan untuk orang Laboratorium atau pelaksana Laboratorium mereka belum  mengetahuiny atau hanya sedikit orang yang tau tentang siapa Analis Kesehatan (sebutan sekarang untuk Petugas Laboratorium).

Dalam dunia kesehatan, kita mengenal salah satunya tentang Analis Kesehatan, yaitu mereka yang bertugas di laboratorium medis. Analais Kesehatan bertugas memeriksa cairan tubuh manusia, meliputi Darah (Whoole Blood, Serum/plasma), Urine, Feses, Dahak, dsb, menyangkut segala pemeriksaan cairan tubuh manusia.

Seorang Analis Kesehatan dibutuhkan ketelitian dalam memeriksa hasil laboratorium karena menyangkut kesehatan pasien. Jika, salah memeriksa hasil laboratorium maka fatal akibatnya, karena hasil Laboratorium adalah penunjang diagnosa dokter.

Karena perannya dalam dunia medis juga sangat penting, maka keberadaan analis kesehatan ini harus segera mendapatkan perhatian serius dari pemerintah meliputi Proteksi kesehatan karena bersentuhan langusng dengan spesimen yang infektif maupun yang tidak (karena semua spesimen dianggap infeksius).
Selain itu analis kesehatan membutuhkan regulasi yang jelas, peraturan yang jelas karena ada dualisme organisasi tentang analis kesehatan, ada yang masuk ke PATELKI juga ada yang bilang masuk ke IAI (Ikatan Analis Indonesia) / IAKI (Ikatan Analis Kesehatan Indonesia). 

Itulah gambaran singkat tentang Analis Kesehatan, yang setiap hari bergulat dengan spesimen / cairan dari tubuh manusia. Mereka yang bertugas di laboratorium medis.
Nah, belum lama ini saya mendapat seragam baru dari tempat saya bekerja, seragam ini merupakan kebijakan sendiri dari pihak laboratorium dengan pihak pemasok reagen :D 

Seragam baru
Nah, bangganya di seragam ini, saya ikut serta mendesign logo Laboratorium dan bajunya :D cimiwiwiwwww
Design Logonya tapi sayang, tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tukang Bordirnya ngga ngerti mikroskop kali ya hahaha

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar