Dapur Minimalis di Rumah Type 36/72

Posting Komentar
Dapur Minimalis

Dapur ini bener - bener minimalis, dengan bajet yang sedikit ya cukuplah untuk sekedar membuat Dapur Minimalis di rumah type 36/72.

Saya membuat tulisan ini karena, saya yakin banyak yang sekarang sudah punya rumah dan juga banyak yang tidak mempunyai bajet yang besar untuk membangun dapur impian yang benar - benar sesuai harapan. Maka dari itu, tulisan ini adalah sebuah alternatif untuk membuat sebuah dapur yang benar - benar minimalis, dan juga dengan bajet sekitar 8 - 10 juta rupiah.

Seperti apa sih kira - kira bentuknya, dapur minimalis yang saya maksudkan?

Seperti gambar di atas, dengan sisa luas tanah belakang rumah sekitar lebar 1.5 meter dan panjang sekitar 3 meter, kita bisa membuat model dapur tersebut. Dengan catatan, rumah tersebut belum siap untuk ditingkat yah. Ini hanya model rumah sederhana, dan ngga tahu mau kapan ditingkatnyah. :D

Kita biasanya memiliki keinginan, kira  - kira di dapur ini ada kitcen zing, buat masak, buat nyimpen bumbu, juga ada buat mencucinyah, karena luas tanah belakang ini juga ternyata cukup untuk nyimpen mesin cuci, buat jemur juga. Jadi, deket pintu belakang yang bawaan rumah aslinya disitu diletakkan kitcen zing membentuk huruf L, dengan tingkatan yang berbeda. Untuk memeasak kita buat agak sedikit lebih rendah dengan tempat cuci piring.

Disebelah kiri, kita buat kotak persegi tidak terlalu lebar sekitar 1 meter, dan dibuat agak lebih rendah dari lantai dapur untuk mencuci pakaian, dan tempat cuci cuci, karena disebelahnya nanti kita taruh mesin cuci.

Yang, perlu diperhatiakn diperumahan seperti ini adalah Fentilasi udara dan Pencahayaan. Diatas kita buat dua fentiasi udara sekaligus untuk pencahayaan dapur untuk meminimalisir penggunaan listrik disiang hari. Lubang kita buat sedemikian rupa, tepat diatas menggoreng dan juga di deket tempat menejmur pakaian (jika rumah ditingggalkan menjemurnya bisa didalam).

Okeh, mengkin demikian yang bisa saya bagi dengan apa yang saya perbuat di belakang rumah saya yang baru, semoga bisa membantu, karena saya yakin banyak keluarga muda ingin memiliki rumah baru, ya alternativnya KPR rumah, dengan fasilitas seadanya, dan ingin menambahkan dapur seperti yang saya inginkan juga.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar