Bimbing Anak Untuk Mulai Belajar Berkarya dan Menulis Cerita

Posting Komentar
Kecil - Kecil Punya Karya | http://kakapeka.blogspot.com/
Anak - anak yang sekarang sudah terbiasa dengan gadget, sehingga kebanyakan anak tidak kenal baik dengan dunia menulis. Sebagai orang tua kita wajib mendidik anak kita, untuk terus berkarya untuk masa depannya. Bahwa kita harus menjadi bangsa yang cerdas, tidak selalu menjadi bangsa yang konsumtif.

"Dan, sempatkanlah membaca buku. Karena kebijakan dan peradaban manusia disarikan serta diabadikan dalam buku-buku."

Maka ajarkanlah kepada anak - anak kita menulis, karena sejarah akan mencatat secara tepat dari apa yagn ditinggalkan oleh bangsa - bangsanya, bukan dari cerita dari mulut - ke mulut. Menulis bisa mendidik anak dan melatih cara berfikir anak, semoga apa yang kita lakukan dapat mendorong kreatifitas anak dan ikut mengasahnya agar karya  - karya anak kita bisa dipubhlikasikan.

mempubhlikasikan karya anak sekarang tidaklah sulit, sudah banyak media - media seperti penerbit untuk menyalurkan bakat - bakat anak kita nanti. Ajarkanlah anak kita menulis cerita, novel, gambar bercerita, dsb. Setelah itu TERBITKAN. Cara menerbitkan cukup mudah, sekarang selain ada penerbit - penerbit indie, ada juga penerbit amyor yang mewadahi kreatifitas anak kita, seperti Penerbit MIZAN. Berikut ini saya tuliskan persyaratan untuk karya - karya anak kita jika mau diterbitkan di MIZAN. 

Persyaratan Pengiriman Naskah KKPK
KKPK (kecil - Kecil Punya Karya)
  • Usia penulis di bawah 12 tahun
  • Jumlah halaman cerita minimal 45 halaman, maksimal 50 halaman. (tidak termasuk kata pengantar, ucapan terima kasih, daftar isi, halaman profil, dll)
  • Diketik kemudian diprint di kertas HVS A4, 1.5 spasi, Times New Roman ukuran 12pt
  • Dikirim ke alamat Penerbit Mizan : Jl. Cinambo No.135 , Cisaranten Wetan, Ujung Berung, Bandung 40294
  • Karya dikirim melalui pos, bukan melalui e-mail atau facebook
  • Karya yang dikirim adalah karya asli perseorangan. Tidak boleh menjiplak dan mengadaptasi dari karya orang lain
  • Karya tidak boleh menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan), kekerasan, ketidaksopanan terhadap teman, orang tua, dan guru
  • Karya disertai dengan biodata lengkap (Nama, Alamat, No. Telp, E-mail, dll)
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar