SMAN 1 Anjatan Buka Pendidikan Gratis Bagi Anak Jalanan

Posting Komentar
SMAN 1 Anjatan | http://www.panoramio.com/photo/85437751

INDRAMAYU (Pos Kota) – SMAN 1 Anjatan, Indramayu, Jawa Barat tahun ajaran  baru ini menggelar  pendidikan gratis bagi siswa anak jalanan. Kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian nyata dalam mengimplementasikan amanat UUD 1945, khususnya dalam rangka mencerdaskan bangsa, kata Kepala  SMAN 1 Anjatan Drs. Ridwan, di kantornya, kemarin. 

Pendidikan gratis bagi siswa anak jalanan itu  akan dimulai tahun ajaran baru 2014. Hal itu mengingat  penanganan masalah  anak jalanan yang masih berusia sekolah masih terlihat belum maksimal sehingga  tidak bisa ditunda-tunda lagi. 

Disebutkan, ada beberapa kriteria untuk menjadi siswa anak jalanan itu. Yakni:  Bebas narkoba,  SKCK dari kepolisian, masih batas usia sekolah namun bukan lulusan tahun sekarang. Belum menikah, tidak bertato. Siswa program anak jalanan itu akan  digratiskan. Yang gratisnya bukan hanya buku atau alat tulisnya saja,  namun gratis hingga pakaiannya.

“Kami sudah mengajukan  proposal program sekolah gratis siswa anak jalanan itu ke Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Transmigrasi Kabupaten Indramayu serta bekerjasama dengan instansi terkait. Sehingga pelaksanaannya diharapkan  berjalan lancar,” katanya. Walaupun siswanya  dari anak jalanan, namun  mereka yang mengikuti pendidikan sebagaimana layaknya siswa sekolah itu akan mendapatkan ijazah negeri.

Drs. Ridwan menegaskan, program pendidikan gratis bagi siswa anak jalanan tersebut akan dibuka tahun ini sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 36 anak. “Kalau peminatnya lebih banyak  dibuka dua kelas,” ujarnya. Ia berharap agar para orang tua atau siapapun ikut memberikan semangat dan motivasi kepada anak jalanan agar mau bersekolah. Bila niat mereka sangat susah dan tidak ada kemauannya untuk belajar, maka jangan salahkan pemerintah dalam upaya mencerdaskan bangsa. (taryani/yo)

Sumber : http://poskotanews.com/2014/03/20/sman-1-anjatan-buka-pendidikan-gratis-bagi-anak-jalanan/
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar