Waspada Jenis-jenis Obat yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal

Posting Komentar
Ilustrasi Ginjal | http://www.beritasatu.com/
Jakarta - Mengkonsumsi obat dalam jangka panjang diyakini sebagian besar orang bisa mengakibatkan penyakit ginjal kronis (PGK). Anggapan ini memang ada benarnya, namun menurut Dr dr Parlindungan Siregar SpPD-KGH, tidak semua obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang akan berujung pada PGK. "Umumnya, obat-obatan diabetes dan hipertensi tidak mengganggu fungsi ginjal. Inilah yang sering salah kaprah. Karena takut ginjalnya rusak, pasien kemudian memilih berhenti minum obat di tengah jalan. Akibatnya, pasien hipertensi bisa terkena stroke karena tekanan darahnya tiba-tiba naik," kata Parlindungan Siregar di acara "Hari Ginjal Sedunia" di Jakarta, Kamis (13/3).

Staf Divisi Ginjal Hipertensi Departemen Ilmu Penyakit Dalam di FKUI-RSCM ini menjelaskan, obat-obatan yang berbahaya dan merusak ginjal bila dikonsumsi dalam jangka panjang adalah obat antinyeri atau golongan obat anti-inflamasi non-steroid. "Ada beberapa obat yang termasuk dalam golongan anti-inflamasi non-steroid atau antinyeri jenis tertentu yang bisa mengakibatkan masalah ginjal. Obat-obatan rematik umumnya juga masuk kelompok ini, sehingga bila dikonsumsi dalam jangka panjang bisa mengganggu fungsi ginjal,” terangnya.

Penyebabnya, lanjut Parlindungan, karena golongan obat anti-inflamasi non-steroid ini mengandung zat yang bersifat anti-prostaglandin. Padahal prostaglandin ini mempunyai sifat melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa melancarkan aliran darah ke ginjal. Sementara golongan obat ini membuat aliran darah ke ginjal berkurang. “Pada orang-orang dengan kondisi ginjal yang masih normal, sebetulnya tidak apa-apa minum obat jenis ini. Asalkan dengan kehati-hatian dan tidak dalam jangka panjang. Tetapi bagi yang sudah mengalami gangguan fungsi ginjal, sebaiknya jangan dikonsumsi. Setengah butir pun tidak boleh, karena efeknya sangat berbahaya,” pesan Parlindungan.

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi tubuh serta jenis obat yang akan dikonsumsi. Terutama bila sudah memiliki riwayat masalah ginjal, selalu simak pesan yang tertera di kemasan obat.

Penulis: Herman/NAD
SUmber : http://www.beritasatu.com/kesehatan/171189-waspada-jenisjenis-obat-yang-bisa-merusak-fungsi-ginjal.html
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar