Seminar PATELKI DPC KUNINGAN 2014

Posting Komentar
Seminar Patelki DPC Kuningan
Imad.Blog's.com, Indramayu. Pada tanggal 27 April 2014, PATELKI DPC Kuningan telah mengadakan Seminar dan Workshop, yang berjudul "Meningkatkan Profesionalisme Phlebotomis untuk Pemeriksaan Laboratorium yang Bermutu". 

Saya mengikuti seminar tentang Flebotomi sudah 3 kali, namun setiap seminarnya ada saja ilmu baru yang bisa dipetik. Alhamdulillah, saya bisa menghadiri seminar ini, walaupun saya di Indramayu, asalkan ada waktu dan kemauan, pasti Allah memberikan jalan.

Tulisan ini saya buat untuk menceritakan tentang saya mengikuti Seminar ini, bukan mau membahas isi dari materi tentang seminar. Bagi saya, Analis Kesehatan, begitu sebutan yang sering Kami gunakan, sangat tergantung kepada yang namanya jumlah SKP. Jumlah SKP yang harus Saya kumpulkan adalah berjumlah sekitar 25 SKP/ 5 Tahun, yaitu sebagai syarat untuk memperpanjang STR.

Nah, pada peraturan menteri terbaru, Didalamnya Analis harus memiliki SIK, sepertihalnya Dokter, Perawat, dan Bidan. Syarat pengajuan pembuatan SIK ini adalah STR. Syarat untuk memperpanjang STR adalah terpenuhinya jumlah SKP. Syarat mendapatkan SKP adalah dengan mengikuti seminar - seminar yang diadakan oleh Organisasi Propesi yang bersangkutan, misal Analis Kesehatan Organisasi Profesi nya adalah PATELKI atau IAKI.

Namun, IAKI skarang keberadaannya masih di kebiri, jadi buat para Analis Kesehatan, untuk mengumpulkan STR ini bisa mengikuti seminar - seminar yang diadakan oleh PATELKI. Bagaimana caranya bisa mengumpulkan  25 SKP dalam 5 tahun, biasanya 2 SKP itu untuk 1 kali seminar tingkat DPC. Pak Anis (Ketua DPW Jabar) mengatakan, diharapakan setiap DPC berperan aktif untuk mengadakan Seminar, sehingga bagi para anggota Patelki tidak sulit dan jauh jika ingin mendapatkan SKP.

Dalam Koordinator Wilayah 3 JABAR, ada 4 DPC yaitu Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota CIrebon, Kuningan dan Majalengka. Dari ke 4 DPC, jika selama 1 tahun bisa mengadakan seminar secara kontinyu dan bergantian, maka selain ikatan Analisnya kuat, maka jumlah SKP pun bisa diraih secara maksimal.

Inilah harapan dengan diadakannya seminar secara berkala di setiap DPC dalam  koordinator wilayah 3 Jabar. Nah, pada materi kemarin kebanyakan dibahas aspek legalitas Phlebotomi dan hukum seorang phlebotomi. Bagaimana cara pengambilan darah, lokasi pengambilan darah, macam - macam tabung vakum, sampai dengan dilakukan praktek pengambilan darah menggunakan tbaung vakum pada boneka praktek.

Seminar yang di adakan oleh Patelki Kuningan bertempat di Hotel Tirta Narita Kuningan, Cilimus. Pada hari/Tanggal : Minggu, 27 April 2014. Dan, saya baru tahu bahwa pada tanggal 26 April adalah HUT PATELKI. Semoga Analis KEsehatan mendapatkan payung hukum dan kesejahteraan untuk para analis. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar