Download | Komplikasi Diabetes : Diabetes Santai, Komplikasi Mengintai

Posting Komentar

https://hmipeternakanugm.files.wordpress.com

KATA PENGANTAR

Bissmillahhirahmaanirrahiimi…….

Catatan kecil ini saya buat untuk memenuhi kebutuhan akan hausnya Ilmu tetang bagaimana memahami lebih detail lagi tentang Diabetes Mellitus atau Kencing manis. Dalam e book ini, saya merangkum tulisan dari berbagai sumber tentang Diabetes dan Komplikasinya supaya kita bisa lebih mengenal lagi tentang Diabetes, dan penanganannya serta bagaimana cara memelihara organ yang terserang Diabetes.

Nah, semoga e book ini bermanfaat bagi kita semua khususnya penyusun sendiri, umumnya bagi kita semua. E book ini mungkin masih banyak kekurangannya karena setiap apa yang dilakukan manusia memanglah tiada sempurna, seperti pepatah bilang tak ada gading yang tak retak begitu pula saya membuat e-book ini. Jika Anda senang membaca e-book ini, saya dengan senang hati menerima segala saran yang sekiranya dapat membangun sehingga tidak bosan untuk selalu menghadirkan e-book – e-book lainnya, saya tunggu saran dan kritiknya melalui e-mail : imadanalis@gmail.com.
 
Walaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh…………..
Indramayu, Agustus 2011

KOMPLIKASI DIABETES

Tulisan ini diangkat dari Majalah Keluarga Dokter Kita karena judulnya menarik maka saya tuliskan catatan ini untuk Anda pembaca setia Imad-Blog’s.com. seperti telah kita ketahui bahwa diabetes merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat kita. Perlu adanya kekhawatiran kita karena perubahan gaya hidup manusia sekarang sudah mulai berubah karena berbagai faktor.

“Diabetes Melitus (DM) jika tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan berbagai komplikasi, misalnya penyakit Kardiovaskular dan stroke, gangguan fungsi ginjal sampai gagal Ginjal, gangguan penglihatan sampai kebutaan, gangren pada kaki sampai terjadi amputasi, dan impotensi yang umumnya terjadi pada pria. Jika kadar glukosa darah dapat dikendalikan dengan baik, diharapkan semua komplikasi tersebut dapat dicegah, paling tidak dihambat”.

Organisasi kesehatan Dunia atau lebih dikenal dengan WHO memprediksikan jumlah pasien Diabetes Mellitus di Indonesia pada tahun 2010 menjadi 21,3 juta orang dari sebelumnya 8,4 juta orang pada tahun 2000. Separuh dari jumlah tersebut tidak menyadari penyakitnya dan baru terdiagnosis ketika sudah terjadi komplikasi.


DAFTAR PUSTAKA

Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita. 2011. Fokus Kita ; Diabetes Santai, Komplikasi Mengintai. Edisi 8 – THN VI – Agustus 2011.

Buletin PRODIA. 2007. Pentingnya Pemeriksaan HbA1c secara Berkala Untuk Pemantauan Diabetes Melitus. Edisi 5 – Agustus – Desember 2007.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar