Ingin Sekali menyelesaikan Novel dan Tips Untuk Menghindari Kesalahannya

Posting Komentar


http://www.lyricsforweb.com

Setiap orang memang memiliki banyak cita - cita, termasuk Saya sendiri. Cita - cita Saya sejak duduk di bangku kuliah, ingin sekali membaut sebuah Novel, atau apalah yang kemudian di terbitkan. Namun, keinginan Saya di bidang literasi ini tidak di dukung baik oleh faktor - faktor yang seharusnya Saya lakukan.

Misal saja, beberapa hal ini yang tidak Saya lakukan yang akhirnya sampai saat ini tidak ada satupun Novel yang bisa Saya selesaikan. Mungkin catatan pribadi Saya ini bisa memacu Anda agar bisa belajar dari kesalahan Saya.

1. BERGABUNG BERSAMA KOMUNITAS
Saya temaptkan kesalahan Saya ini di awal, penting sekali buat temen - teman yang ingin menggeluti dunia ini tapi tidak memiliki bekal yang baik dari bangku kuliah, seharusnya bisa mengikuti berbagai acara literasi, komunitas literasi, lomba, dll. 

Saya tidak pernah mengikutinya satupun, sehingga tidak ada satupun novel yang bisa saya buat.

Banyak komunitas literasi dan training bagaimana cara membuat dan menyusun novel yang baik. Di Indramayu sendiri pernah sekali juga saya muat dalam blog ini tentang seminar bersama Go Lagong yagn di gagas oleh kawan - kawan BBC. 

2. FOKUS
Jika Anda sedang tidak memiliki ide, sebaiknya hindari dan mencari kesibukan lain. namun, ketika hati dan fikiran sedang tenang, maka mulailah menulis, apapun, dan itu akan menajdikan ide baru untuk Anda. Ya, sebetulnya tidak mudah dan tidak susah juga dalam membuat novel, hanya saja yang perlu Anda lakukan adalah Fokus dan tekun.

Kesalahan Saya adalah terlalu banyak melakukan hal - hal lain, seperti berjualan online, bergelut dimusik dan menghabiskan hampir 12 jam sehari untuk bekerja. Sehingga yang saya rasakan adalah pembagian fokus dan tidak pernah bisa untuk menyelesaikan satupun novel yang Saya inginkan.

3. MENCINTAI
Sebuah karya, atau mahakarya yang indah dan banyak di sukai oleh orang adalah karena kecintaan kita terhadap apa yang kita lakukan. Ini adalah fakta hidup. Anda jika ingin membaut novel yang baik dan bagus, seharusnya Anda bertanya pada diri Anda sendiri, apakah Anda mencintai dunia menulis? apakah Anda juga sering mambaca (khususnya Novel) karya - karya Novelis lain?

Saya sadar bahwa saya sepenuhnya belum mencintai dunia ini, sehingga tidak ada titik temu kapan dan bagaimana akan Saya selesaikan karya Saya yang mungkin saja akan sangat fenomenal, hahaha

4. MENTOR
Semua hal yang kita inginkan, dan mimpikan haruslah memiliki mentor. Mentor adalah guru Anda. Mentor seharusnya orang yang lebih sukses 1000% dari Anda. Jangan ambil mentor yang juga belum mencapai karir yang sama dengan Anda. 

Saya sejujurnya memiliki mentor yang sudah lebih baik dari Saya, namun intensitas Saya bertemu dengan beliau pun tidak ada, yang akhirnya ketika dia minta naskah untuk dia baca, Saya cuma bisa cengengesan tiada arti. ckckckck

5. SELALU MENGASAH KEMAMPUAN
Banyak hal yang bisa kamu lakukan, termasuk membuat dan menerbitkan karya - karya Kamu. Jangan pernah berhenti untuk terus melakukans sesuatu yang kamu sukai, dalam hal positif tentunya. Dengan terus mengasah kemampuan, membaca, menulis, mengkaji, silaturahim, dll dan banyak hal lainnya pula, Kami suatu saat akan menjadi apa yang kamu yakini saat ini.

Penulis :
Imad al Badrawi (seorang Blogger dan Novelis, tapi belum memiliki akrya satupun, wkwkwkwk)




Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar