Flu Burung, Cina Hentikan Perdagangan Unggas Hidup

Posting Komentar
Sebuah kota di Cina menangguhkan perdagangan unggas hidup demi kesehatan masyarakat. Hal ini dilakukan setelah tetangga provinsinya melaporkan adanya kasus infeksi flu burung pada manusia.

Suzhou, kota terbesar kedua di timur provinsi Jiangsu akan menghentikan perdagangan unggas pada tengah malam Ahad (25/12). Hal tersebut disamapaikan People's Daily di situsnya.
Ilustrasi. (Sumber : http://yishower.com)


Musim dingin ini, dua rang dikabarkan tewas dengan terdeteksi terkena virus flu burung strain H7N9. Ini merupakan korban tewas pertama di antara sedikitnya tujuh orang yang terkena infeksi.

Dalam sepekan terakhir, Hong Kong dan Macau juga telah melaporkan infeksi virus ke manusia pada musim ini. H7N9 belum terdeteksi baik pada manusia maupun hewan di Cina hingga Maret 2013.

Kota Shanghai, sekitar 100 kilometer tenggara Suzhou melaporkan, pekan lalu seorang pria didiagnosis terkena strain H7N9 setelah perjalanan dari Jiangsu. Dua kematian terjadi di provinsi Anhui, sebelah barat Shanghai dan Suzhou. Provinsi tersebut telah melaporkan adanya lima infeksi virus ke manusia sejak 8 Desember.

Pihak berwenang di Anhui, yang memiliki populasi hampir 60 juta telag menutup beberapa pasar ternak. Mereka juga meningkatkan sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus. Banyak ayam telah dimusnahkan untuk menghentikan penyebaran virus.

Di Xiamen, sebuah kota di provinsi Fujian juga menghentikan penjualan unggas setelah seorang pria (44 tahun) didiagnosi dengan H7N9. Wabah flu burung di Cina daratan pada akhir 2013 hingga awal 2014 menewaskan 36 orang dan menyebabkan kerugian lebih dari 6 miliar dolar AS di sektor pertanian.
Baca juga :
Uji Coba di Afrika Barat, Vaksin Ebola Terbukti Aman dan Efektif

Korea : Jumlah Ternak Unggas yang Dimusnahkan Akibat Flu Burung Capai 26 Juta Ekor


Sumber :
Republika. 2016. Flu Burung, Cina Hentikan Perdagangan Unggas Hidup. Diakses tanggal 28 Desember 2016. Link ; http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/16/12/25/oiqpe4359-flu-burung-cina-hentikan-perdagangan-unggas-hidup
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar