Kaledonia Baru nyatakan perang terhadap virus demam berdarah setelah lebih dari 1.000 orang terinfeksi

Posting Komentar
Kaledonia Baru nyatakan perang terhadap virus demam berdarah setelah lebih dari 1.000 orang terinfeksi virus mematikan itu selama sebulan terakhir dan memakan korban hingga enam orang tewas. Pemerintah setempat menyatakan tak kurang dari 250.000 dolar AS akan dikucurkan untuk memerangi virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti itu.

http://kids.britannica.com

Dalam jangka waktu enam bulan, setidaknya 6.000 penduduk Kaledonia Baru terserang virus tersebut. Wabah telah ditemukan di 31 dari 33 teritori negara itu dan mayoritas ditemukan di Noumea.

Penyebaran virus berlangsung sangat cepat, bahkan telah menyerang beberapa negara lainnya di Pasifik. Salah satunya, di pulau Futuna. Media lokal setempat memberitakan bahwa virus yang pertama kali ditemukan di pulau tersebut dibawa oleh seorang remaja yang baru datang dari Kaledonia Baru.

Anak remaja itu kini telah dikarantina di sebuah rumah sakit di Kaleveleve untuk mencegah penyebaran virus kepada penduduk lainnya. Sementara, rumahnya telah disemprot dengan desinfektan. Para petugas dan staf kesehatan di rumah sakit dibekali dengan obat penangkal gigitan serangga karena otoritas telah mengumumkan bahwa virus bisa ditransmisikan melalui gigitan nyamuk.

Selain di Kaledonia Baru dan Futuna, otoritas kesehatan di Polinesia-Prancis juga mengumumkan hal yang sama terkait penyebaran virus ini. Menurut mereka, kasus demam berdarah yang ditemukan di Tahiti itu ditularkan oleh penonton sepakbola asal Vanuatu ketika ada gelaran pertandingan sepakbola U-17 di Tahiti.

Upaya pencegahan maksimal terus dilakukan dengan cara mengukur suhu tubuh pemain bola dan pendukungnya serta menyemprot tempat pertandingan dan penginapan tempat para atlit dan pendukung menginap. Dengan cara itu, otoritas yakin penyebaran virus terhenti sehingga tak ada pasien demam berdarah yang dilaporkan selama sebulan terakhir ini.

Meski begitu, mereka masih waspada akan virus yang kini tengah mewabah di Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon, Fiji, Vanuatu, Samoa dan Palau.

Baca juga :

Sumber :
  1. Tabloid Jubi. (2017). Kaledonia Baru nyatakan perang terhadap virus demam berdarah setelah lebih dari 1.000 orang terinfeksi virus mematikan itu selama sebulan terakhir dan memakan korban hingga enam orang tewas. [Online]. Tersedia : http://tabloidjubi.com/artikel-5094-kaledonia-baru-perang-terhadap-demam-berdarah.html. (5 April 2017).
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar