3 Racikan Minuman Alami yang Ampuh Usir Flu saat Musim Hujan Melanda

 
Teh Herbal. (Foto ; http://food.ndtv.com)
ImadAnalis. Banyak orang menyebut penyakit musiman makin banyak melanda ketika musim pancaroba tiba. Peralihan musim kemarau ke musim hujan membuat lebih banyak vurus dan bakteri yang berkembang dengan cepat. Jelas ini berpengaruh pada kesehatan orang karena tak jarang virus ini menyerang dan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan terutama flu.

Sebagai langkah pencegahan sekaligus langkah pengobatan, beberapa minuman racikan alami bisa diandalkan lho. Enggak percaya? Okezone merekomendasikan racikan simpel obat flu yang ampuh menghempaskan virus dan bakteri yang mengganggu kesehatan. 

Air jahe 
Anda bisa memanfaatkan jahe sebagai salah satu bumbu yang bisa mengusir flu. Bagaimana caranya? Siapkan jahe yang sudah bersih kemudian bakar jahe hingga gosong, rebus hingga menjadi air jahe yang beraroma dan rasa kuat. Campur beberapa tangkai serai yang sudah dimemarkan. Saring dan jadikan racikan ini sebagai minuman setiap pagi dan malam hari. Jika suka manis, Anda bisa menambahkan madu atau gula batu. Usahakan hindari gula pasir atau gunakan hanya dalam jumlah terbatas. 

Teh herbal 
Teh diakui memiliki manfaat untuk kesehatan sekaligus memberikan efek rileks pada tubuh dan pikiran. Tapi teh juga diketahui bisa jadi obat flu ketika musim pancaroba melanda. Buat teh panas kemudian campur dengan sebatang serai yang sudah dimemarkan dan beberapa butir cengkeh. Aduk hingga rata dan nikmati dengan rutin setidaknya 3 kali dalam sehari. Tambahkan madu agar rasa teh makin nikmat. Selain sumber rasa manis, madu juga terbukti mengurangi iritasi pada saluran tenggorokan.

 Minuman elektrolit
Ketika flu melanda tandanya daya tahan tubuh sedang melemah, cara membuatnya normal kembali adalah dengan menguatkan sistem imun, Caranya mudah, konsumsi minuman dengan kandungan tinggi mineral atau minuman elektrolit. Minuman ini banyak dijual di pasaran, konsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Biasanya konsumsi minuman ini untuk pencegahan dan pengobatan akan berbeda dosisnya. Minum secara rutin agar kadar mineral dalam tubuh meningkat dan mampu melawan virus dan bakteri. 

Baca juga :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts