Macam - Macam Ramuan Teh Herbal

 
Ilustrasi. (Foto : DetikFood)

ImadAnalis. Teh herbal merupakan ramuan sebetulnya, anggapan kita saat ini adalah bahwa teh merupakan daun teh yang sering kita temui yang diseduh dengan air panas. Biasanya daun teh yang sudah dikeringkan ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau minimarket. 

Namun, sebelum kita melanjutkan pembahasan teh ini, kita mesti memahami bahwa Teh merupakan sebutan untuk ramuan bunga, daun, biji, akar, atau buah kering untuk membuat minuman yang juga disebut teh herbal. Walaupun disebut "teh", ramuan atau minuman ini tidak mengandung daun dari tanaman teh (Camellia sinensis) begitu yang saya kutip dari Wikipedia.

Artinya, baik itu daun, bunga, batang, biji, yang prosesnya itu dikeringkan, kemudian di rebus atau diseduh dalam proses penyajiannya, itu adalah Teh, yang walaupun dalam hal ini tidak terdapat daun teh yang kita maksud tadi.

Berikut ini merupakan ramuan dalam penyajian Teh Herbal, semoga dapat bermanfaat. 

Meditea 
MediTea. (Foto : ImadAnalis)

Teh ini dapat menyembuhkan AIDS, Teh ini merupakan temuan dari Guru Besar Fakultas Farmasi Unair, Prof Dr H Djoko Agus Purwanto Apt. Penelitian melalui rekayasa non-kimia yang Djoko lakukan sejak 1996, menghasilkan produk teh yang mengandung kadar antioksidan sangat tinggi. (Baca : MediTea)

Dibawah ini ada beberapa kombinasi ramuan tradisional yang dapat dinikmati dalam secangkir teh. Berikut ramuan rempah - rempah tersebut. 

Teh herbal (rempah-rempah) 

Bahan - bahannya ; 500 ml Air, 1 sdm Kapulaga, 1/2 sdm cengkeh, 2 batang kayu manis, 1 sdm teh, 3 ruas jahe, 2 batang sereh, 3 sdm madu. Cara pembuatannya ; Rebus air air hingga mendidih, kemudian masukan semua bahan-bahan kecuali madu/gula. Rebus hingga warnanya coklat dan aromanya wangi. Kemudian langkah terakhir masukkan madu aduk hingga larut. Setelah larut, angkat kemudian saring. Sajikan. Resep ini dibuat untuk 4 Porsi. 

Teh Uwuh (Wedang Uwuh)

Wedang Uwuh. (Foto : Tokopedia)
Wedang uwuh merupakan salah satu resep tradisional yang masih eksis sampai sekarang adalah resep minuman Wedang Uwuh. Wedang Uwuh merupakan minuman khas Imogiri, Kecamatan Bantul, Provinsi D.I Yogyakarta. 

Bahan yang digunakan untuk membuat Wedang uwuh adalah Air, 40 gram serutan kayu secang kering, 6 cm jahe yang di memarkan / di geprek, 2 lembar daun kayu manis kering, 3 lembar daun cengkeh kering, 3 lembar daun pala kering, 10 butir cengkeh atau batang cengkeh kering. Di ramuan ini sebetulnya menggunakan 50 gram gula pasir, namun untuk mendapatkan khasiatnya Saya sarankan untuk menghindari gula - gulaan, apapun itu. Ganti pemanis dengan madu.

 
Cara membuatnya cukup mudah, pertama jahe dibakar lalu dimemarkan. Kemudian tuang air kedalam panci, Masukkan jahe, cengkeh, dan semua bahan tadi hingga mendidih. Rebus selama kurang lebih 15 menit. Ankat kemudian saring. kemudian hidangkan.


Masih banyak lagi Teh Herbal yang merupakan kombinasi antara rempah - rempah. Silahkan Anda berkreasi dengan berbagai rempah yang Anda ketahui. Dan rasakan nikmat dan manfaatnya. Salam sehat.

Baca juga :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts