Sawah Petani Kering, DPR Ingin Percepat Pembangunan Embung

Anggota Komisi V DPR, Yoseph Umarhadi Percepatan Pembangunan Embung di Haurgeulis, Indramayu
Anggota Komisi V DPR, Yoseph Umarhadi Percepatan Pembangunan Embung di Haurgeulis, Indramayu. (Foto : http://www.netralnews.com)

Imad Analis.  Anggota Komisi V DPR, Yoseph Umarhadi ingin percepat pembangunan embung di Desa Sidadadi, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. 



Keberadaan Embung di Desa Sidadadi, Kecamatan Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat adalah harapan petani mengatasi kekeringan saat musim kemarau. 

Oleh sebab itu, banyak pihak berharap pembangunan embung ini dipercepat lantaran sudah memasuki musim kemarau. Sebab kekeringan embung menjadi masalah petani terutama pada sawah tadah hujan. 

“Mudah-mudahan setelah adanya embung yang kini pembangunannya sedang dikerjakan, kekeringan di Desa Sidadadi ini bisa diatasi. Memang harus dibangun embung, karena persawahan di wilayah ini airnya mengandalkan hujan,” ujar Yoseph, melansir kantor berita Antara, Selasa (28/8/2017).  

Selanjutnya, kekeringan Embung yang dapat menggagalkan produksi tanam padi hingga panen menjadi persoalan bersama yang bukan hanya untuk petani saja. Sebab ketika terjadinya gagal panen akan mengganggu Swasembada pangan secara mandiri. 

Menurut Yoseph, jika masalah ini tidak ditanggulangi, maka program ketahanan pangan dalam nawacita Presiden Joko Widodo akan terganggu. 

“Oleh sebab itu pemerintah harus berupaya mengatasi persoalan kekeringan ini, dengan membangun embung. Program Nawacita Presiden Jokowi pada swasembada pangan akan terganggu karena produksi padi tidak maksimal gara-gara kekeringan,” Yoseph berkelakar. 

Seperti diketahui, komisi V DPR membidangi pembangunan infrastruktur. Maka dalam hal ini, tugas pokok dan fungsi Yoseph membantu pemerintah dan petani mengatasi persoalan kekeringan. 

Pembangunan embung di Desa Sidadadi menghabiskan anggaran Rp24 miliar yang terbagi dalam tiga tahap selama tiga tahun. Selain membangun embung dari anggaran APBN 2016, 2017 dan 2018 itu juga membangun sarana pompanisasi dan penunjang lainnya. (Sumber : Netral News)


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts