Ghibah, Dosa Yang Tidak Pernah Kita Sadari

Imad Analis. Sebagai makhluk sosial adakalanya kita ingin dipandang lebih dari orang-orang yang sama seumur dengan kita, atau bahkan lebih dari orang yang seprofesi dengan kita. Namun, proses hidup itu akan muncul orang-orang yang mempengaruhi keimanan kita. Akan muncul orang-orang yang membuat kita tidak dapat mempertahankan kaidah ke Islaman kita. 

 ghibah itu apa, ghibah lirik, ghibah dapat dihindari dengan cara, ghibah rhoma, ghibah dan namimah, ghibah mp3, ghibah memakan bangkai, ghibah komtung tv, ghibah rumaysho, ghibah itu apa sih, ghibah yang diperbolehkan, ghibah dalam bahasa arab, ghibah merupakan perilaku tercela yang harus dihindari setiap muslim apa pengertian ghibah, ghibah komtung, ghibah apa artinya, ghibah quotes, ghibah namimah, ghibah karaoke, ghibah apa,
Ghibah. (Foto : http://annuraljilani.blogspot.com)


Saya sering melihat, ada banyak sekali teman-teman kita dengan asiknya melakukan perbuatan dosa. Apakah itu? Mereka asik dengan terang-terangan melakukan perbuatan itu. Tidak malu. Tidak merasa berdosa sama sekali. Apakah dosa tersebut? 

GHIBAH adalah DOSA BESAR


Asy Syaukani rahimahullah dalam kitab tafsirnya mengatakan, “Allah Ta’ala memisalkan ghibah (menggunjing orang lain) dengan memakan bangkai seseorang. Karena bangkai sama sekali tidak mengetahui siapa yang memakan dagingnya. Ini sama halnya dengan orang yang hidup juga tidak mengetahui siapa yang menggunjing dirinya. Demikianlah keterangan dari Az Zujaj.” (Fathul Qadir, 5: 87) (https://rumaysho.com)

Dalam QS. Al Hujurat: 12, Allah SWT berfirman ; “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang. Jangan pula menggunjing satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Begitulah Allah SWT menjelaskan dengan sejelas-jelasnya, bahwa ada banyak sekali saudara kita dengan tidak sadar telah mengorek-ngorek kehidupan saudara seiman lainnya, hanya untuk mencari keburukan saudaranya sendiri. Padahal yang dilakukannya itu adalah sebuah DOSA BESAR yang harus dipertanggungjawab kan nya. 

Ketika seseorang sudah "nyandu" dalam melakukan Ghibah, maka orang tersebut akan rentan melakukan fitnah-fitnah keji yang di lontarkan kepada saudara-saudara seimannya. 

Demikian artikel tentang Ghibah, Dosa Yang Tidak Pernah Kita Sadari, semoga tulisan ini menambah wawasan ke ilmuan kita terhadap Islam dan dapat meningkatkan keimanan kita untuk tidak melakukan perbuatan dan dosa yang sia-sia. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts