Motor R15 Ngadat, di Ganti KIPROK (Rectifier) & Regulator Ass - Syokk Service :(

Motor R15 Ngadat, di Ganti KIPROK (Rectifier) & Regulator Ass - Syokk Service :(. Pada tanggal 31 Januari 2020 ini, motor R15 yang saya miliki tiba-tiba kalau di gas dia tidak akan narik, dengan tanda lampu indikator warna kuning menyala. Pada mulanya, saya mengabaikan keluhan itu, dikarenakan dengan cara mengoper gigi ke belakang lampu indikator pada motor R15 saya itu mati, dan gas bisa di tarik seperti semula. 

Motor R15 Ngadat, di Ganti KIPROK (Rectifier) & Regulator Ass - Syokk Service :(
Yamaha R15 Merah. (Foto : https://www.mobil123.com/)

Kendala memang ada, saya jadi kepikiran apakah nanti akan terjadi seperti itu lagi. Ternyata benar, besoknya terjadi seperti itu lagi. Saya mulai gelisah, motor R15 saya kok jadi begini? Ada apa sebenernya. Ketika pertama kali tejadipun, saya ingin segera membawanya ke bengkel, service resminya motor Yamaha. Tapi, dikarenakan saya pulang kerja selalu malam, saya jadi belum bisa mampir ke bengkel resmi Yamaha tersebut. 

Setelah mencoba mengatur waktu, alhamdulillah saya bisa untuk membawa motor kesayangan saya ke bengkel resmi, kurang lebih hampir 1 minggu saya bertahan dengan gejala tersebut. Yang saya takutkan adalah ketika motor berprilaku seperti itu, posisi saya sedang menyalip mobil besar (bayangkan mobil-mobil di pantura kan) motor tiba-tiba gasnya ngga mau di tarik, haduh, pokoknya hal seperti itu yang saya fikirkan setelah pertama kali kejadian itu. 

Service Yamaha R15 di ARISTA Indramayu

Motor R15 Ngadat, di Ganti KIPROK (Rectifier) & Regulator Ass - Syokk Service :(
Ganti Kiprok (Rectifier) R15 (Foto : https://kenthoetboreup.com/)

Saat pertama saya datang, dalam keadaan hujan. Saya di sambut oleh seseorang, dan menginformasikan, mau diservice pak? Saya menjawab, ini motor ngga mau narik gasnya, dan lampu indikatornya menyala. Dengan sigap, mas tersebut bilang, owh,, itu karena "KIPROK"nya jujur saya lupa apa yang mas itu bilang. Kemudian saya pun di ajak melihat ketika motor tersebut di cek, untuk memastikan apa yang mas itu bilang benar. 

Pertama akinya di cek, alhamdulillah, entahlah apa namanya, tinggal 10ribuan lagi, yang harusnya minimal 12ribu katanya. Memang sebelumnya pernah di service juga, saya disarankan untuk ganti Akinya. Hehe, dikarenakan mahal, saya jadi sering menunda-nunda ganti Aki. 

Terus, mas nya bilang ini kalau ngga salah ya, KIPROK (Rectifier)nya mas. Berapa harganya ya? sekitar 300an mas? Saya termenung dong hahaha, Yaudah saya bilang, ganti saja mas. Bismillah, dari pada nyawa saya yang melayang di jalan, mending merogoh kocek yang agak mahal ya kan. 

Kenapa Saya service di ARISTA Indramayu? Di sini, teknisinya bekerja ya sesuai dengan harapan Saya,. Pernah saya service ke tempat lain, mas-mas teknisinya suka iseng menawarkan sparepart second, dengan harga miring. Kalau orang ngga faham, iya iya saja tuh, lumayan kan lebih murah. Atau, cara mengecek motor finishing nya tidak dijelaskan. Kalau di Arista Indramayu ini, motor di cek secara komputer, saya di berikan print out hasil cek nya. Alhamdulillah, kalau tidak ada warning, ya masih bisa tenang. 

Diagnosa Motor R15 Yamaha Saya dan Total Harga Service

Motor saya diagnosanya Listrik Berat, saya disarankan untuk mengganti Recifier, Nah buat yang tidak tau rectifier apa? Rectifier atau penyearah gelombang adalah bagian dari power supply / catu daya yang berfungsi untuk mengubah sinyal tegangan AC (Alternating Current) menjadi tegangan DC (Direct Current).

Selain itu, saya juga meminta untuk mengganti Aki motor R15 saya. Dan juga mengganti oli motor Yamalube. 

  • Harga Rectifier & Regulator Ass jumlah 1 Rp. 297.000.
  • Harga Aki / Battery Assy (12V 3.5A) 3C11 jumlah 1 Rp. 242.000
  • Ganti Oli Yamalube Sport Oil Rp. 48.000
  • Jasa Rp. 45.000..


Total Rp. 632.000

Alhamdulillah, Sore itu Saya shedekah untuk motor saya, supaya bisa diajak lagi bertarung di jalanan Pantura. Karena jika tidak segera ditangani, bisa bisa menjadi sangat berbahaya sekali. Terimakasih, masih diberikan kelancaran rezeki oleh Allah, sehingga saya bisa mengganti beberapa sparepart tersebut dengan tidak mengganggu uang belanja bulanan istri hehehe. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts