Wabah Pendemi Virus Corona Awal Tahun 2020

Wabah Pendemi Virus Corona Awal Tahun 2020. Mohon maaf artikel ini bukan artikel ilmiah, melainkan sebuah catatan pribadi untuk mengingatkan saya akan adanya wabah pendemi seperti ini semasa hidup saya sepanjang saya hidup. Virus Corona merupakan virus yang berhasil mutasi dari virus SARS sebelumnya, begitulah kira-kira saya akan menyebutkannya.

Ilustrasi. (Foto : Harapan Rakyat)

Virus ini awal mula di identifikasi di sebuah kota di negara China, Wuhan begitulah orang-orang menyebutkan dari mana virus ini berasal. Banyak teori konspirasi yang menyelimuti merebaknya virus ini. Ada beberapa teori konspirasi yang menyatakan bahwa virus ini sengaja dibuat pemerintah komunis China untuk membuat senjata biologi. Bagi penggemar film fiksi ini sangat menarik tentunya. Selain itu, film fiksi juga akan membuat kisah keberhasilan kloning manusia pertama.

Diakhir tahun 2019, virus ini mulai menyebar di kota Wuhan, banyak tenaga medis yang terpapar karena pada awalnya tidak diketahui apa penyebabnya. Dari kota inilah kemudian pemerintah setempat melakukan "lock down" untuk menghentikan seketika semua kegiatan manusia yang ada di dalamnya.

Virus ini punya tingkat keganasan yang luar biasa, karena dalam waktu 14 hari masa inkubasi dalam tubuh manusia jika manusia tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka virus ini akan memberikan kerusakan yang cukup lumayan menggerogoti paru-paru inangnya.

Efek yang ditimbulkan adalah seperti Demam, karen ada efek peradangan. Kemudian batuk, dan sesak nafas. Paru-paru akan mengalami kerusakan yang cukup parah sehingg manusia yang terinfeksi akan gagal nafas kemudian meninggal.

Sangat mengerikan? Iya tentunya. Pada bulan Maret 2020, Virus ini mulai memasuki Indonesia. Ditemukan pada mulanya 2 orang yang terinfeksi tapi saat ini, 27 Maret 2020 sudah melonjak menjadi 800an orang terinfeksi virus corona dan ada 30-an orang yang meninggal.

Pemerintah Indonesia tidak akan memberlakukan "lock down" begitu menurut pernyataan juru bicara penanggulanan virus corona sampai saat ini. Pemerintah Indonesia hanya memberlakukan "Social Distancing" yang kemudian di revisi menjadi "Physical Distancing".

Pada kenyataanya, masyarakat kita di Indonesia masih banyak yang belum sadar akan bahaya virus corona ini. Banyak sekali permasalahan dan persoalan jika masyarakat harus berdiam diri di rumah, banyak influencer atau youtuber membuat pernyataan #dirumahaja juga tidak berlaku buat masyarakat pada umumnya.

Wabah virus corona ini akan terus meningkat begitulah saya rasa. Mari kita ikuti semua perkembangan sampai bagaimana terjadi dan mewabahnya. Semoga dalam waktu cepat pemerintah dan badan kesehatan dunia segera menemukan vaksinnya. Agar kita semua terhindar dari kematian sia-sia.



Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts