Ada Apa dengan PPDB DKI Jakarta?

Ada Apa dengan PPDB DKI Jakarta?. PPDB merupakan singkatan dari Proses Penerimaan Peserta Didik Baru di DKI Jakarta menuai banyak protes, ada beberapa aturan yang dinilai kurang memenuhi keinginan masyarakat seperti lebih diutamakan peserta didik usianya lebih tua masuk ketimbang peserta yang masih usia muda. 

 PPDB DKI Jakarta 2020. (Foto : grid.id)
PPDB DKI Jakarta 2020. (Foto : grid.id)


Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 501 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah bagaimana pengaturan tentang penerimaan siswa didik tingkat PAUD sampai dengan tingkat SMA diberlakukan di daerah DKI Jakarta. 

Sebagai orang awam, tentu saja saya merasa bahwa dengan adanya peraturan zonasi dibagi berdasarkan wilayah agak sulit untuk anak yang ingin mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kriteria. Misal saja, ketika didaerah saya hanya ada satu sekolah negeri tapi tidak terlalu favorit maka seharusnya saya harus mendaftar di luar wilayah saya tapi tidak bisa karena terbentur dengan peraturan zonasi. 

Walaupun kini sekolah negeri sudah merata di beberapa wilayah tentunya tidak akan sama kualitas pendidikan antara wilayah dengan wilayah lainnya. Maka daripada itu, ketika PPDB DKI 2020 ini berlaku muncul keanehan yang saling tindih antara peraturan satu dengan peraturan lainnya. 

PPDB ini akhirnya disikapi oleh para orangtua untuk lebih cepat mendaftar di sekolah-sekolah yang ingin di capainya. Karena banyak orang tua yang khawatir tidak mendapatkan jatah bangku di sekolah yang ingin di tuju, akhirnya pendaftaran PPDB Online DKI Jakarta 2020 diketehui tidak bisa diakses sama sekali. 

Ini adalah sebuah tantangan baru bagi dunia pendidikan tanah air. Apakah hal seperti ini akan terus berlanjut? Sudah cukup masyarakat kita dibuat resah, tidak nyaman, dan lain sebagainya. Ibu-ibu akan menjadi lebih khawatir karena anak-anaknya tidak bisa masuk ke sekolah negeri yang di inginkannya. 

Menurut beberapa ibu-ibu dan keluarga peserta didik sampai saat ini website https://ppdb.jakarta.go.id/ tidak bisa diakses, tapi setelah saya akses ternyata website PPDB DKI Jakarta sudah bisa dibuka kembali. 

PPDB merupakan sebuah terobosan yang dilakukan untuk memudahkan pendidikan jarak jauh. PPDB merupakan inisiasi oleh Kementrian Pendidikan seperti dalam link berikut ini terdapat berbagai pertanyaan terkait PPDB tahun 2020, https://www.kemdikbud.go.id/main/tanya-jawab/kebijakan-zonasi-tahun-ajaran-20202021

Upaya-upaya untuk mendorong pemerataan peserta didik terus di upayakan oleh pemerintah pusat sebagai inisiator dan fasilitator untuk daerah-daerah dibawahnya. Peran pemerintah pusat seharusnya tidak membingungkan daerah-daerah yang memiliki jumlah peserta didik yang cukup banyak seperti DKI Jakarta. 
14 provinsi yang memberlakukan PPDB
14 provinsi yang memberlakukan PPDB 

PPDB ternyata berlaku di berbagai daerah, tidak hanya PPDB DKI Jakarta. Selain itu juga terdapat wilayah lain seperti PPDB Jawa Barat, PPDB Jawa Tengah, PPDB Jawa Timur, PPDB Sulawesi Utara, PPDB DIY Yogyakarta, dan seterusnya. 

PPDB Merupakan program pemerintah pusat. Semoga masyarkat turut membantu program pemerintah yang terus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan daerah dalam mengelola peserta didik. 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts