Pencarian Google Mengembangkan Teknologi Augmented Reality Dengan Menghidupkan Dinosaurus

Posting Komentar
Pencarian Google Mengembangkan Teknologi AR Dengan Menghidupkan Dinosaurus. Perkembangan teknologi terus menerus berubah dari waktu ke waktu. Baru-baru ini perusahaan raksasa pencarian Google mengembangkan mesin pencariannya dengan menambahkan objek 3D pada hasil pencarian Google. 
Augmented Reality. (Foto : Google)

Dikutip dari media berita Antara (3/7), Google menambahkan sepuluh dinosaurus, bekerja sama dengan film waralaba "Jurassic World", yaitu Tyranosaurus Rex, Velociprator, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus. 

Coba deh searching dengan kata kunci "Dinosaurus" atau "Dinosaur" makan Anda akan mendapatkan gambar hasil dari pencarian Google berbentuk 3D. Dengan adanya vitur AR ini saya yakin dikemudian hari akan juga di kembangkan menjadi teknologi VR (Virtual Realyti).

Apa Itu Augmented Reality (AR)

Menurut Wikipedia, AR atau Augmented Reality yaitu Realitas tertambah dengan kata baku KBBI "Realitas berimbuh", atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Coba bayangkan ketika Google terus mengembangkan teknologinya sehinga teknologi VR ini bisa diterapkan pada mesin pencarian Google. Kita tinggal berbaring di kamar, kemudian tinggal bilang "Halo Google," maka mesin pencarian tersebut akan memberikan semua objek pencarian yang Anda lakukan ada di hadapan mata Anda. 

Facebook Virtual. (Foto : Google)

Kapan itu terjadi? kita tunggu saja. Saat ini yang seingat saya, Facebook yang dalam aplikasinya sudah disematkan gamepun, terus mengembangkan dan menyempurnakan produk VR nya. Melalui Facebook Reality Labs, pihak facebook dikabarkan tengah membuat sebuah headset VR holographic yang bentuknya mirip dengan kacamata pada umumnya. 

Persaingan perangkat masa depan ini terus berlanjut diantara para raksasa teknologi seperti Apple, Facebook dan Google. Ke tiga perusahaan asal Amerika ini terus menggenjot penelitiannya dibidang teknologi. Bagaimana dengan yang ada di negara lain? Kemungkinan juga sedang menyiapkannya namun sepi dari pemberitaan, kita tunggu saja bagaimana perkembangan VR ini akan terus terjadi.


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar