DARAH

Posting Komentar

Sel Darah Merah


Darah merupakan bentuk jaringan ikat khusus, terdiri dari elemen berbentuk yaitu sel darah, trombosit dan plasma darah yaitu substansi interseluler yang cair. 
Darah adalah jaringan cair yang terdiri atas dua bagian. Bahan interseluler adalah cairan yang disebut plasma dan didalamnya terdapat unsur-unsur padat, yaitu sel darah. Volume darah secara keseluruhan kira-kira 5 liter dan kira-kira 8 % dari berat badan manusia. Sekitar  55 persennya adalah cairan, sedangkan 45 persen sisanya terdiri atas sel darah. Angka ini dinyatakan dalam nilai hematokrit atau volume sel darah yang dipadatkan yang berkisar antara 40 sampai 47.

Di waktu sehat volume darah adalah konstan dan sampai  batas tertentu diatur oleh tekanan osmotik dalam pembuluh darah dan dalam jaringan. 

Fungsi darah adalah sebagai media transportasi, memelihara suhu tubuh, menjaga keseimbangan cairan, asam dan basa.

Fungsi utamanya adalah mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.
Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen


Susunan Darah
Serum darah atau plasma terdiri atas : 
Air : 91.0 persen
Protein : 8.0 persen (Albumin, globulin, protrombin dan fibronogen)
Mineral : 0.9 persen (Natrium klorida, natrium bikarbonat, garam dari kalsium, fosfor, magnesium dan besi, dan seterusnya)
Sisanya diisi oleh sejumlah bahan organik, yaitu: glukosa, lemak, urea, asam urat, kreatinin, kholesterol  dan asam amino.

Plasma juga berisi
Gas – oksigen dan karbon dioksida,
Hormon-hormon,
Enzim, dan 
Antigen.

Sel darah terdiri atas tiga jenis :
Leukosit atau sel darah putih, dan 
Trombosit atau butir pembeku.



Sumber :
Pearce, Evelyn C. (1973). Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis - Darah. Gramedia Pustaka Utama ; Jakarta.
Berbagai sumber.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar