Sel Darah Merah (Eritrosit)

Posting Komentar

Baca artikel lainnya :




Sel Darah Merah (eritrosit)

Eritrosit (Sel Darah Merah) adalah berupa cakram kecil bikonkaf, cekung pada kedua sisinya, sehingga dilihat dari samping nampak seperti dua buah bulan sabit yang saling bertolak belakang. Strukturnya terdiri atas bungkus luar atau stroma, berisi massa hemoglobin.

Sel darah merah memerlukan protein karena strukturnya terbentuk dari asam amino. Selain itu juga memerlukan zat besi, sehingga untuk membentuk penggantinya diperlukan diit seimbang yang berisi zat besi. 
Sel darah merah dibentuk di dalam sumsum tulang, terutama dari tulang pendek, pipih dan tak beraturan, dari jaringan konselus pada ujung tulang pipa dari sumsum dalam batang iga-iga dan dari sternum. 

Perkembangan sel darah dalam sumsum tulang melalui berbagai tahap; mula-mula besar dan berisi nukleus tetapi tidak ada hemoglobin; kemudian dimuati hemoglobin dan akhirnya kehilangan nukleusnya dan baru diedarkan ke dalam sirkulasi darah. Setelah beredar kira-kira selama 115 hari, sel darah menjadi usang, dan dihancurkan dalam sistem retikulo-endotelial, terutama dalam limpa dan hati. Globin dari hemoglobin dipecah menjadi asam amino untuk digunakan sebagai protein dalam jaringan-jaringan dan zat besi dalam hem dari hemoglobin dikeluarkan untuk digunakan dalam pembentukan sel darah merah lagi. Sisa hem dari hemoglobin diubah menjadi bilirubin. (pigmen kuning) dan biliverdin yaitu yang berwarna kehijau-hijauan yang dapat dilihat pada perubahan warna hemoglobin yang rusak pada luka memar.

Fungsi Eritrosit, yang utama adalah untuk mentransportasi oksigen dan hemoglobin. Oksigen akan ditransport dari paru-paru kejaringan. Sel darah merah mengandung karbonat anhidrase yang mengkatalisa reaksi CO2 dan air, meningkatkan kecepatan reaksi sekitar 250 kali.
Eritrosit juga berfungsi dalam keseimbangan asam basa dalam tubuh. 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar