HbA1c Pocket

Posting Komentar
HbA1c Poket
Wooww, semakin simple saja pemeriksaan Laboratorium. Semoga dengan semakin canggihnya alat - alat yang tersedia di pasara kesehatan, bisa memudahkan manusia dan bijak dalam hal tekhnologi. Menilik alat - alat laboratorium yang sudah dalam bentuk pocket ini, semakin miris saya yang menjadi tenaga laboran.

Apakah Anda tahu apa itu HbA1c?

HbA1C adalah suatu molekul haemoglobin yang terikat dengan glukosa alias gula. Sel darah merah kita dapat hidup selama 8-12 minggu. Oleh karena itu, pengukuran HbA1C pada tes laboratorium dapat mengukur kadar glukosa darah secara rata-rata selama 2-3 bulan terakhir. Normalnya, nilai HbA1C pada bukan penderita diabetes adalah 3,5%-5,5%. Sedangkan untuk penderita diabetes, nilai kontrol gula darah yang baik adalah di bawah 6.5%. (http://www.tanyadok.com/)

Pemeriksaan HbA1c, sangat penting bagi penderita diabetes mellitus. Karena bisa melihat kadar gula dalam darah dalam waktu 2 - 3 bulan yang lalu. Pentingnya pengukuran kadar HbA1c ini merupakan patokan untuk diet penderita diabetes.

Biasanya, pemeriksaan ini hanya bisa di lakukan di laboratorium klinik Swasta atau juga Laboratorium Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta yang sudah menyediakan fasilitas pemeriksaan untuk HbA1c. Namun, hari ini saya melihat dan baru mengetahui, adanya Alat poket yang bisa dibawa kemana - mana, untuk memeriksa HbA1c.

Sumber Gambar : 
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1480963288798825&set=pcb.655026264532867&type=1
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar