Indramayu : Pipa Limbah Pertamina di Indramayu Bocor

Posting Komentar
Logo Pertamina
 

TEMPO.CO, Indramayu - Pipa limbah olahan minyak dan gas (migas) milik Pertamina EP Region Jawa bocor. Air laut pun tercemar limbah tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pipa limbah olahan migas yang terletak di pesisir Desa Limbangan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, bocor sejak Selasa lalu. "Saat itu kami mendengar bunyi keras dari arah pipa," kata Wasnaji, warga setempat, Rabu 1 Februari 2012.

Setelah diperiksa ternyata diketahui bunyi keras seperti deburan ombak tersebut berasal dari semburan air kencang yang keluar dari pipa yang berlubang.

Air yang keluar dari pipa tersebut berbau menyengat, berwarna hitam, dan semburannya mampu membentuk kubangan seluas lebih kurang 4 meter persegi dengan kedalaman mencapai 1,5 meter.

Fahmi Labib, seorang aktivis Koalisi Masyarakat Pesisir Indramayu, mengungkapkan kekhawatiran akan matinya biota laut. "Karena limbah yang keluar dari pipa itu mengandung logam berat dan beracun serta langsung mengalir ke laut," katanya.

Sebenarnya, lanjut Fahmi, awalnya posisi limbah terpendam di dalam tanah. Tapi karena terus-menerus dihantam ombak, akhirnya pipa yang berwarna kuning tersebut kini berada di permukaan tanah.

Fahmi sendiri mengaku sudah mengambil sampel limbah tersebut dan dilaporkan ke Kantor Lingkungan Hidup Indramayu.

Dihubungi terpisah, Kabag TU Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Nurseha, menjelaskan pihaknya sudah turun ke lapangan dan mengambil sampel air dari pipa yang bocor tersebut. "Tapi kami belum mengetahui hasil penelitian kandungan yang ada di dalam air tersebut," katanya.

Adapun Humas PT Pertamina EP Region Jawa, Dian Hapsari, membenarkan adanya kebocoran pipa tersebut. "Tim kami pun sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengambil sampel air di sekitar pipa," katanya. Sampel pun saat ini sedang diuji di laboratorium.

Mengenai penyebab pipa, Dian enggan menjelaskan. "Saat ini kami tengah menginventarisasi kerugian dan dampak peristiwa tersebut," katanya.


Sumber : Tempo.co
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar