Paguyuban Seni tari Topeng Jatibarang Indramayu

Posting Komentar
Tari Topeng Indramayu

Kesenian Tari Topeng  merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Indramayu,  Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah Tari Topeng Kelana Kencana Wungu yang merupakan rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar oleh Prabu Menak Jingga yang tergila-tergila kepadanya.

Kesenian Tari Topeng ini masih eksis dipelajari di sanggar-sanggar tari yang ada, dan masih sering dipentaskan pada acara-acara resmi daerah, ataupun pada momen tradisional daerah lainnya. Salah satu sanggar tari topeng yang ada di Indramayu adalah danggar tari topeng Mimi Rasinah, yang terletak di Desa pekandangan, Indramayu. (Wikipedia)

Mimi Wangi Indriyah (Jatibarang)

Pelaku seni di Indramayu sangat meyangkan akan sinergitasnya antara pelaku seni dengan pemerintah daerah. Jelas - jelas tari topeng merupakan khasanah budaya lokal yang perlu dilestarikan dan dikembangkan dan dikenalkan ke anak cucu generasi muda Indramayu. 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar