Tips Sederhana selama Bulan Ramadhan ala Imad.blog's.com

Posting Komentar
imad al badrawi

Demi menjalankan ibadah shaum Ramadhan ini agar khusyu, saya berikut akan memberikan sedikit tips - tips sederhana, supaya Shaumnya ngga batal, bete, dan jenuh :D

Karena Shaum ini wajib, jadi kita sebagai ummat muslim harus menjalankannya sesuai dengan perintah Rasulullah S.A.W. berikut tips - tipsnya.

1. Sahur.
Bagi ummat muslim yang akan menjalankan shaum, diwajibkan untuk sahur. Karena Sahur ini adalah kegiatan makan di malam hari. Ngga perlu banyak - banyak, seperti makan biasanya saja.
Jangan lupa, kita sahur adalah karena perintah Allah, jadi harus berdoa ya :D.

sambil menunggu imsak ada baiknya, makan buah - buahan.

2. Sikat Gigi
Setelah Sahur, saya menyarankan langsung menyikat gigi. Karena supaya bersih dan ngga bau pas siang harinya.

3. Shalat.
Shalat wajib 5 waktu jangan di tinggalkan, jalankan amalan yang Allah perintahkan terutama dan utama adalah Shalat 5 waktu.
Dari shalat2 ini, kita perlu menjalankan shalat tambahan, seperti Shalat duha dan shalat taraweh supaya Ramadhannya bener2 apdol.

4. I'tikaf di masjid.
Diantara waktu siang, jika ngga ada kerjaan dari pada tidur saja dan melekpun menggosip saja, mending baca Qur'an di masjid. 

5. Baca Qur'a
Biasakan membaca Al Qur'an setelah shalat.

6. Buka Shaum jangan berlebihan
Memang kita seharian nahan lapar dan haus, juga nahan nafsu sesuai perintah Allah. Kita memahami Shaum ini harus lebih dalam lagi, jangan hanya memahaminya sebagai kulitnya saja, banyak makna shaum ini sehingga bagi pemuda yang belum siap menika diwajibkan Shaum.

Dalam berbuka, kita hanya boleh makan2an yang ringan, seperti minum air putih hangat atau air manis hangat. Kemudian beberapa biji Qurma, atau makanan ringan lainnya yang manis. 

Nah, saya akan membagikan sedikit pengalaman saya tentang shaum ini. Dalam mempersiapkan buka jangan terlalu berlebihan. Saya pernah dulu waktu masih Sekolah dasar, sering beli jajanan banyak banyak untuk di makan ketika buka, setelah adzan maghrib tiba, jajanan yang saya beli itu semua ngga kemakan.

Dari sini saya faham bahwa, Shaum itu ngga buat kita kelaparan. Dengan makan dan minum secukupnya selama berbuka, perut kita akan terisi penuh, dan jangan sampai penuh, karena kita harus menjalankan shalat sunnah tarawih.

mudah - mudahan tips sederhana ini, menjadi bacaan sederhana yang lumayanan untuk dibaca. amiin
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar