Tips Hindari Kanker dari Usia Remaja

Posting Komentar
Stop kanker | http://www.vemale.com/
Liputan6.com, Jakarta Meskipun hingga saat ini penyebab kanker belum diketahui secara pasti, namun ada banyak hal terutama gaya hidup yang diduga bisa meningkatkan risiko kanker di usia remaja. Tidak seperti orang dewasa, remaja yang beranjak dewasa banyak melalui perubahan fisik dan sosial yang berkaitan dengan gaya hidup dan lingkungan sehingga rentan menderita kanker.

Namun, seperti diungkap Zeenews, Minggu (16/3/2014) para remaja tidak perlu khawatir karena kanker bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti:

1. Konsumsi Buah dan sayuran

Makan banyak sayuran dan buah-buahan setidaknya lima porsi sehari. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kanker. Buah juga mengandung bahan kimia yang disebut fitokimia yang melawan kanker.

2. Vaksin

Beberapa vaksin diyakini dapat menurunkan risiko kanker. Misalnya, vaksin HPV diberikan untuk melindungi terhadap HPV (human papilloma virus) infeksi yang berkaitkan dengan kanker serviks atau kanker leher rahim yang banyak menyerang wanita dan beberapa jenis kanker lainnya. Vaksin HPV bekerja dengan baik jika diberikan sebelum seseorang menikah atau aktif secara seksual.

3. Menjaga kebiasaan sehat

Praktik kebiasaan sehat harus dilakukan sejak awal kehidupan seperti tidak merokok, membatasi konsumsi alkohol, menjaga berat badan yang sehat dengan menceoba latihan fisik sekitar 30 menit setiap hari dan makan makanan yang sehat. Dengan mengadopsi kebiasaan sehat, Anda akan menurunkan risiko terkena kanker dan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.

4. Membatasi paparan sinar matahari

Hindari paparan waktu lama sinar matahari untuk mencegah kanker kulit. Juga, gunakan krim yang mengandung pelembab minimal 15 SPF setiap kali Anda melangkah keluar di bawah sinar matahari.

Sumber : http://health.liputan6.com/read/2023490/tips-hindari-kanker-dari-usia-remaja
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar