Ilmuan Berhasil Temukan Vaksin Paru untuk Bayi

Posting Komentar

Ilustrasi | http://lifestyle.analisadaily.com
Analisadaily – Peneliti dari Oxford Vaksin Grup, berhasil menemukan sebuah vaksin baru untuk mengatasi masalah gangguan pernafasan pada bayi terutama bagi mereka yang lahir secara prematur. Respiratory syncytial virus (RSV), menjadi virus yang sangat berbahaya bagi bayi karena menyerang sitem pernafasan mereka.

Vaksin ini telah mulai diteliti sejak tahun 1960 lalu, namun baru sekarang penelitian tersebut menunjukna hasil positif. Vaksin ini dikembangkan oleh beberapa jenis virus yang sudah dilemahkan dan dimodifikasi sedemikian rupa untuk menghasilkan beberapa protein RSV.

Vaksin ini telah diuji coba kepada bayi dengan gangguan pernafasan melalui cara semprotan hidung dan injeksi, hasilnya terbukti cukup efektif dan aman.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengobatan untuk mengatasi RSV dapat segera dicapai. Langkah berikutnya akan menjadi penentu apakah respon imun dari vaksin ini ampun untuk mengatasi RSV atau tidak,” kata Dr Charlie Weller, dikutip dari BBC News (16/8).

Ahli imunisasi untuk Royal College of Pediatri dan Kesehatan Anak, Dr David Elliman, mengatakan bahwa RSV merupakan virus berbahaya yang harus diwaspadai, terutama saat musim dingin. Karena itu sangat penting bagi bayi untuk mendapatkan vaksin ini sebagai antisipasi.

Sumber : http://lifestyle.analisadaily.com/read/ilmuan-berhasil-temukan-vaksin-paru-untuk-bayi/161511/2015/08/16
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar