Lezatnya Gombyang Manyung Khas Indramayu + Liputan Net Tv

Posting Komentar
Gombyang manyung | https://sebandung.com/
MENU makanan laut ini khas dari Indramayu. Tak jarang, orang luar kota sengaja datang ke Indramayu untuk menikmati gombyang manyung.

Makanan ini terbuat dari ikan jambal roti, atau biasa disebut ikan manyung oleh masyarakat Indramayu. Di menu gombyang manyung, yang disajikan hanya kepalanya saja, biasanya dibelah dua untuk satu porsinya.

"Ini dari ikan jambal roti. Yang disajikan kepalanya saja, badannya biasanya untuk ikan asin," kata Kiki Anggraini, pemilik Rumah Makan Lesehan Ananda di Karangsong, Indramayu, belum lama ini.

Dalam bahasa Indramayu, gombyang artinya sayur. Gombyang manyung, berarti sayur kepala ikan manyung. Yang khas, rempah-rempah yang digunakan pada menu ini memberikan kelezatan tersendiri. "Gombyang itu sayur, jadi gombyang manyung itu sayur kepala ikan manyung," tegasnya.

Kiki menjelaskan, bumbu-bumbu yang digunakan, di antaranya adalah kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, dan kacang tanah.

Bumbu-bumbu tersebut, katanya, setelah dihaluskan lantas disangrai dan kemudian diberi air. Tak lama setelahnya, kepala ikan manyung dimasukkan setelah bumbu matang. "Tingkat pedasnya bisa diatur. Bagi penyuka pedas bisa pesan sebelumnya," tuturnya.


Kiki mengemukakan, pada akhir pekan, atau hari liburan, dia bisa menjual hingga 200 porsi gombyang manyung. Untuk itu, pada saat ramai dia membutuhkan setidaknya 1 kuintal atau sekitar 100 kepala ikan manyung yang akan diolah menjadi 200 porsi gombyang manyung.

"Selain warga sekitar, banyak juga wisatawan yang kesini. Yang berkali-kali datang untuk menikmati gombyang manyung juga ada," katanya.

Dia mengatakan, harga satu porsi gombyang manyung bervariasi, antara Rp30 ribu, Rp35 ribu, hingga Rp45 ribu, tergantung ukuran kepala ikan manyung yang dipesan.

Sumber : http://inilahkoran.com/?scr=03&ID=48228&selectLanguage=1
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar