MUDAHKANLAH PERNIKAHAN ANAKMU Oleh Ustadz Hanan Attaki, Lc

 
Untuk yang ibu – ibu atau bapak – bapak yang anaknya pengen nikah, jangan dihalang – halangi. Kenapa? Kata nabi.
Yassir Walaa Tu'assir.
“Mudahkan, jangan mempersulit”.

Kadang – kadang kita membuat syarat sendiri, syaratnya misalnya, kalau yang saya tahu nih di beberapa tempat di jawa itu, ngga boleh ngelangkahi kaka misalnya, kakak kamukan belum nikah!, nunggu sampe kapan tuh? Apalagi kalau, misalnya kakaknya banyak syarat kan kitakan  kebawa – bawa kan, wah kakak sayamah syaratnya harus bule, udah gitu kayak gini, terus segala macam. Susah itu, nanti malah kebawa – bawa. Jangan, itu ngga ada syarat dalam hadits ngga ada, harus ngikutin syarat kaka dulu. Ngga boleh, ngedahuluin kakak. Terus juga, ada syarat misalnya namanya di hitung. “Nama kamu siapa?,” nama kita disebutkan terus di hitung pake weton segala macem kan ya, udah gitu dikaitkan dengan yang datang. “Owh kalian tuh ngga cocok, karena secara hitung – hitungan tuh ngga dapet”. 

Akhirnya datang lagi, ngga cocok. Terus saja kayak gitu, dan ada akhwat yang sampai usia 37 tahun baru nikah, gara – gara siapa yang datang ke rumahnya, kata orang tuanya tuh ngga cocok hitung – hitungannya. Namanya tuh ngga ketemu gituh. Dan ini, dibuat – buatin, tidak ada  dalam hadits rasul. Makanya, mudahkanlah jika ada anak kita yang pengen menikah itu niatnya baik loh ya. Itu bukan niat jahat, itu niat baik banget. Menikah itu ibadah kepada Allah, dan Allah Ridha kepada orang yang menikah. Bahkan, syetan itu nangis liat orang yang mengijab kabul pernikahan. 

Jadi, mudahkanlah. Dan kalau perlu kita membantu. Makanya, saya pernah cerita ketika saya SMA dulu saya pernah cemburu sama ketua OSIS saya, ketua OSIS saya kelas 2 SMA sudah nikah. Hah? (hehe tertawa) kelas 2 SMA sudah nikah. Itu keren banget tuh. 

Dia juara kelas, nikah sama juara kelas. Jadi, sama – sama juara kelas nih. Yang cowonya juara dua, yang cewenya juara satu, ranking satu. Nikah. Kelas dua SMA. Yang cewenya, orangtuanya ini dokter spesialis, dua – duanya, ayahnya dokter spesialis, (saat ceramah ada kesalahan pengucapan, peserta tertawa), ibunya juga dokter spesialis. Yang ikhwan, ayahnya itu dosen. Dosen di salah satu universitas di Banda Aceh, sudah gitu pas mereka ada ketertarikan, pulang kerumah orang tuanya sudah nebak. Terus nanya, “Kamu suka sama seseorang?” mereka jujur – juran, terbuka gitu.
“Owh iya iya, Ayah, Saya ada perasaan” gituh,
 “Terus gimana, mau serius nggak?”
“Yah, tapikan masih sekolah juga”
“Ngga, maksudnya perasaan kamu serius ngga?” gitu ditanya sama orang tuanya.
“Ya, serius sih!”
Yaudah. Akhirnya orang tuanya tanya alamatnya, langsung pergi ke orang tua si cewe. Ngomong nih sesama orang tua. Dan, karena sama – sama rajin ikut ta’lim, faham, akhirnya mereka sepakat “Ya sudah, kita nikahin saja anak kita”. 

Terus, segala sesuatu, nafkah segala macam, kita bareng – bareng saja. Kita bantu anak kita. Udah, sepakat, di panggillah anaknya berdua. Udah gitu kata orangtuanya, “Kalau kalian serius, nih Ayah Ibu nih, Papah Mamah semuanya sudah sepakat, setuju, jika kalian menikah”.
“Kapan kalian mau?” 

Enak banget kan, kalau ada orang tua gitu kan ya?. Udah mampu, terus faham, kan mudah banget urusan kita kan, akhirnya “Yaudah kalau gitu tunggu liburan sekolah”. Pas liburan sekolah, kita lagi di rumah pada ngga jelas gitu kegiatannya, pas lagi dirumah tiba - tiba dapat undangan, siapa yang nikah? Ternyata temen kita yang sesama satu kelas tuh nikah gitu, tapi nikahnya tuh karena emang masih dibawah umur nggak terdaftar, tapi dalam islam kan tetep aja sah dan bagus, dan di dukung oleh orang tuanya. 

Udah nikah, besok – besoknya mereka kalau pergi kesekolah, itu naik motor, berdua itu kayak orang pacaran banget. Dan duduk di kelas tuh pandang – pandangan. Kitamah aduuh, (hahahah, peserta ikut tertawa). Makin tersiksa tuh, dikelas tuh. Itu luar biasa. Itu inspiring banget buat saya. Ada temen yang bisa nikah usia kelas 2 SMA. Dan, nnga punya anak kecuali ketika mereka udah kuliah. Emang, komitmen gituh. Tapi, mereka udah tinggal serumah. Tinggal sekamar. Kemana – mana bareng, bahkan ah luar biasa, romantis banget kehidupannya. Terakhir yang saya tahu, salah satu diantara mereka udah kuliah di Jerman. Tetep saja sukses, jadi ngga ada ngaruhnya. Jangan berfikir pernikahan itu menghambat kesuksesan kita. Bukankah, pernikahan itu ibadah, dan ibadah itu ngga mungkin menghambat kebaikan. 

Makanya, nikahkan, anak bapak ibu yang sudah punya keinginan dan insyaAllah sudah punya penghasilan walaupun tidak besar. Mudah – mudahan itu akan memudahkan urusan kita di dunia dan di akhirat.
Sumber : Ceramah Ustd. Hanan Attaki, Lc Youtube.
Bagi yang mau mencopy, cantumkan sumber blog Imad analis di artikelnya ya. 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts