Bila tak Gratis, Segini Biaya Vaksin MR

Pemberian vaksin MR di Kabupaten PPU. (Foto : http://kaltim.tribunnews.com)

Imad Analis. Dinas Kesehatan (Dinkes) Penajam Paser Utara (PPU) sedang melakukan vaksinasi Measles Rubella (MR) secara serentak di sekolah-sekolah mulai 1 Agustus lalu sampai akhir September mendatang. Untuk biaya vaksinasi MR ini diberikan secara gratis, namun ternyata bila dilakukan di rumah sakit atau dokter biayanya lumayan mahal.



Kepala Dinas Kesehatan PPU, Arnold Wayong, Kamis (2/8/2018) mengatakan, masyarakat harus bersyukur karena vaksinasi MR ini dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Ia mengungkapkan, bila vaksin seperti ini dilakukan di rumah sakit atau dokter praktek, maka biaya yang harus dikeluarkan pasien bisa mencapai Rp 500 ribu.

"Kalau di Indonesia inii rata-rata biayanya memang Rp 500 ribu/sekali suntik. Malah kalaU di Singapura itu biayanya bisa sampai Rp 1 juta, Sementara saat ini diberikan secara gratis kepada masyarakat. Makanya kesempatan ini harus dimanfaatkan karena kalua mau vaksin di luar kegiatan ini jelas harus membayar," katanya.

Arnold menyatakan, meski vaksin ini gratis namun ternyata masih banyak warga yang menolak anaknya diberikan vaksin MR ini. Padahal manfaat vaksin ini cukup banyak termasuk untuk memnghindari penyakit campak. Untuk itu, ia berharap kepada seluruh warga mengizinkan anaknya diberikan vaksin ini.



Arnold menjelaskan, vaksinasi MR ini akan dilaksanakan selama dua bulan dan ditargetkan bisa selesai akhir Agustus ini.  Sedangkan September mendatang akan digunakan untuk sweeping anak yang belum mendapatkan vaksin ini. (Sumber : Kaltim Tribun News)

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Blog ini bukan penentu diagnosa utama pada penyakit Anda, jika ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan silahkan hubungi dokter Anda
Baca artikel :


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts