Emas Digital Vs Emas Fisik

Hal-Yang-Perlu-Diperhatikan-Sebelum-Investasi-Emas. Tokopedia emas belum dapat izin
Emas. (Foto : https://www.emingko.com)

Imad Analis. Pada kesempatan ini saya ingin sekali menulis,Apakah Emas bisa di digitalisasi? Berita ini muncul setelah beberapa media memuat "Waspada Bahaya Investasi Emas di Tokopedia". Kendati dibilang "Aman", namun, Ketua Satgas Waspada Investasi Obligasi Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing mengingatkan, supaya masyarakat waspada dan berhati-hati menerima ajakan untuk berinvestasi emas secara online. 



Menurut saya, jika ingin membeli emas dengan cara menabung, hemat saya buka saja tabungan emas di Pegadaian seperti yang saya lakukan. Saya punya uangnya berapa tidak masalah. Yang penting itu rutin menabung, jangan malu punya Rp. 10ribu atau Rp. 20ribu, yang penting itu tekad untuk rutin menabung.

Nah, Apakah emas bisa di digitalisasi? Saya memang belum pernah mendengarnya. Bahkan baru saat ini. Jika, memang benar nanti sudah mencapai satu gram misalnya dengan harga Rp. 500.000', bisakah di Emaskan? dikirim ke rumah kita emas nya? atau hanya berupa saldo emas? seperti kita menyimpan uang digital pada doku atau saldo PUT Paytren? ketika kita butuh bisa diuangkan?

Atau, mirip seperti Bitcoin? Untuk saat ini mungkin saya menyarankan, investasi emas yang paling aman ya emas fisik. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara menabung. Beberapa bank Syariah sudah ada layanan tabungan emas. Selain di Bank Syariah ada juga di Pegadaian, bisa juga untuk melakukan tabungan emas. Emas dapat kita bawa pulang minimal 5 gram. Setelah itu nabung lagi, dan seterusnya. 

Namun, berdasarkan artikel yang di muat di web Tokopedia, emas tersebut bisa ditukar dengan emas asli minimal 1 gram, atau redeem. Dimana pengiriman kepada pelangganmenggunakan jasa kurir tertentu dan mendapatkan asuransi jika rusak, palsu atau hilang. 

Semoga artikel ini dapat membantu rekan blogger yang ingin berinvestasi emas. Dan dapat memilih dan memutuskan mau memakai sistem investasi emas seperti apa.  

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Selamat membaca blog sederhana dari Saya, Imad Analis.

Baca artikel :
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts