Ilmu Pengetahuan Tidak Akan Lepas Dari Ilmu Dasar Yang Ada Pada Al Qur'an

Ilmu Pengetahuan Tidak Akan Lepas Dari Ilmu Dasar Yang Ada Pada Al Qur'an. Siapa peletak dasar ilmu matematika? Siapa bapak kedokteran modern? dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya tentang science, tentang ilmu pengetahuan yang bisa kita kaitkan dengan Islam, dengan Al Qur'an sebagai wahyu yang di turunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahualaihissalam

Ilustrasi. (Foto : https://www.freepik.com)

Namun, ada sebuah teori yang mengatakan bahwa Ilmu pengetahuan zaman Islam diambil dari teori Yunani. Ketika zaman kegelapan di eropa, orang-orang eropa banyak yang belajar ke Arab dan sekitarnya, dan membawa ilmu pengetahuan tersebut ke Eropa. 

Jadi ketika saya mengatakan bahwa Ilmu pengetahuan yang kita pelajari saat ini sebetulnya tidak terpisah dari Al Qur'an. Dasar-dasarnya sudah ada disana. Banyak teori-teori yang dikisahkan oleh para nabi terdahulu bagaimana cara meleburkan besi sehingga bisa menjadi perkakas dan senjata untuk perang.
Baca juga : Bagaimana Rasanya Punya Anak Beda 1 Tahun?
Ada juga kisah yang relevan dengan zaman saat ini yaitu tentang pertumbuhan janin dalam perut ibu. Teori Fisika dimana Matahari memantulkan sinar terangnya ke permukaan bulan, dan bulan memantulkan sinarnya di malam yang gelap gulita. Dari situ manusia memiliki dasar teori Matematika juga. 

Isi Al Qur'an adalah sumber ILMU. Segala Ilmu yang dibutuhkan oleh manusia. Jadi, ketika saya belajar tentang Ilmu pengetahuan yang ada saat ini bersumber dari barat, seharusnya kita meletakkan diri kita bahwa semua konsep dasar dari semua ilmu pengetahuan itu adalah untuk kita selalu dekat dengan Tuhan kita yaitu Allah SWT. 
Baca juga : Alhamdulillah, Saya di Titip Satu Lagi Malaikat Kecil
Tiada tuhan Selain ALLAH. Allah menyampaikan risalahnya melalui para rasul agar manusia mendekatkan diri kepadanya. Bukan malah kita mengingkari kebesarannya. Tidak ada benda sekecil masa atom selain bergerak dan beredar secara patuh atas perintah-NYA. 

Semoga tulisan ini menjadi pembuka fikiran kita, bahwa sebenar-benarnya hidup adalah hidup patuh dengan pilihan yang sesuai dengan ILMU Allah. Wallahhu'alam. 

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts