Bakteri Wolbachia Diduga Dapat Mencegah Penyebaran Virus DBD

Bakteri Wolbachia Diduga Dapat Mencegah Penyebaran Virus DBD. Sekilas, nyamuk yang dikembangkan di laboratorium Eliminate Dengue Project (EDP) pusat kedokteran tropik Universitas Gadjah Mada (UGM), tidak tersedia bedanya bersama nyamuk biasa. Namun jangan salah, nyamuk-nyamuk ini telah dibikin tidak mampu menularkan demam berdarah.
wolbachi,wolbachia,wolbachia adalah,wolbachia bacteria,wolbachia yogyakarta,wolbachia aedes aegypti,wolbachia pdf,wolbachia success,wolbachia filariasis,wolbachia master manipulators of invertebrate biology,wolbachia mechanism,wolbachia mosquito control,wolbachia.bacterial endosymbionts of filarial nematodes,wolbachia in filarial nematodes,wolbachia dengue,wolbachia project,wolbachia endosymbiont,wolbachia mosquito,wolbachia onchocerciasis,wolbachia horizontal gene transfer,wolbachia world mosquito program,wolbachia and wuchereria,wolbachia plasmodium,wolbachia dengue pdf,wolbachia bacteria characteristics,wolbachia bacteria in humans,wolbachia based strategies,wolbachia bacterium,wolbachia biology,wolbachia brazil,wolbachia bacteria onchocerciasis,wolbachia bees,wolbachia belongs to the proteobacteria group,wolbachia brugia malayi,wolbachia bacteria of filarial nematodes,wolbachia-based technologies for insect pest population control,wolbachia bacteria in filarial immunity and disease,wolbachia bed bugs,wolbachia butterfly,wolbachia biocontrol,wolbachia bakterien,wolbachia bakterisi,wolbachia brasil,wolbachia cytoplasmic incompatibility,wolbachia culture,wolbachia ci,wolbachia characteristics,wolbachia classification,wolbachia cytoplasmic incompatibility mosquitoes,wolbachia conference,wolbachia chikungunya,wolbachia culex pipiens,wolbachia coevolution,wolbachia crispr,wolbachia cdc,wolbachia control,wolbachia can enhance plasmodium infection in mosquitoes implications for malaria control,wolbachia canine heartworm,wolbachia cholesterol,wolbachia colombia,wolbachia china,wolbachia cloporte,wolbachia control stem cell behavior and stimulate germline proliferation in filarial nematodes
Ilustrasi. (Foto : Facebook.com)

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (31/1/2018), di di dalam tubuh nyamuk telah disuntikkan sebuah bakteri yang bernama wolbachia. Bakteri alami yang banyak ditemukan pada lebih dari satu serangga di Indonesia, layaknya lalat buah, ngengat, kupu-kupu, capung, dan nyamuk aedes albapictus, yang masih berkerabat bersama nyamuk aedes aegypty atau nyamuk demam berdarah. 
Baca juga : Makan Pasta Sisa, Pemuda Tewas gara-gara Gagal Fungsi Hati
Bakteri wolbachia dianggap bisa menghambat perkembangbiakan virus dengue di tubuh nyamuk, supaya nyamuk tak bisa lagi menularkan penyakit demam berdarah.

Dibanding teknologi pengendalian demam berdarah sepanjang ini, penyebaran nyamuk yang sudah diberi bakteri wolbachia diakui lebih irit dan efektif. Setelah dilepaskan di suatu lokasi tertentu, nyamuk ber-wolbachia akan kawin dengan nyamuk lokal dan terus berkembang biak.

Nyamuk hasil perkawinan akan membawa kapabilitas seperti induknya, yaitu menghambat perkembangbiakan virus dengue, penyebab penyakit demam berdarah.
Baca juga : 5 Tips Ampuh Lindungi Anak dari Penyakit di Musim Hujan
Meski begitu didalam usaha mengurangi serangan DBD, pihak EDP UGM tetap menghendaki warga untuk tidak mengandalkan penyebaran nyamuk berwolbachia ini. Karena, sifatnya masih penelitian. Warga tetap wajib memberantas sarang nyamuk seperti diimbau oleh dinas kesehatan.

"Apa yang kami melaksanakan ini bukan pengganti, ini adalah mendampingi. Ini juga masih uji coba," kata Tim EDP UGM dr Riris Andono Ahmad.

Uji coba melepas nyamuk ber-wolbachia sudah dijalankan di sejumlah kawasan di Sleman dan Bantul. Hingga kini, langkah alamiah ini terus coba disosialisasikan terhadap warga. (Sumber : Liputan 6)

Terimakasih telah membaca artikel tentang Bakteri Wolbachia Diduga Dapat Mencegah Penyebaran Virus DBD. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi seputar kesehatan Anda. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts