Mengenal Apa Itu Diabetes dan Cara Pemeriksaannya

Mengenal Apa Itu Diabetes dan Cara Pemeriksaannya. Diabetes merupakan diagnosa klinis pada penderita atau pasien dengan kadar gula darah melebihi batas normal. Biasanya nilai normal gula darah sewatu adalah < 150 mg/dL. Coba sesekali Anda periksa kadar gula darah Anda di laboratorium, berapa kadar gula darah sewaktu Anda? Hasil pemeriksaan nya di tulis, dicatat dan disimpan. Lakukan pemeriksaan Gula Darah Sewaktu tersebut setiap enam bulan sekali. 
Mengenal Apa Itu Diabetes dan Cara Pemeriksaannya
Ilustrasi. (Foto : https://www.pexels.com)

 Bagaimana Cara Mengetahui Berapa Kadar Gula Darah Anda

Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu ;

1. Pemeriksaan Gula Darah metode rapid (POCT Glukosa). 

Pemeriksaan gula darah metode rapid ini banyak dilakukan di berbagai Apotik, padahal dalam Kemenkes petugas yang boleh melakukan pemeriksaan laboratorium adalah tenaga ahli sesuai kompetensinya, yaitu ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik).

Jadi, bagi Anda pastikan terlebih dahulu siapa yang melakukan tindakan pemeriksaan glukosa darah pada Anda. Apakah ATLM atau bukan? Karena, perlakuan pemeriksaan POCT berbeda dengan pemeriksaan glukosa metode GOD-PAP pada laboratorium medik. Perlakuan khusus yaitu pada proses preanalitik dimana, pasien akan dilakukan proses pembebatan, atau pembuatan luka pada jari. 

Sebelum melakukan penusukan tersebut, ATLM akan membersihkan jari Anda dengan kapas alkohol. Setelah kering, jari Anda akan di lukai dengan pensil khusus yang isinya adalah jarum steril sekali pakai. Setelah dilakukan penusukan, ATLM akan mengambil sedikit spesimen darah tersebut untuk di tempelkan kepada stik glukosa. 

Hasil pemeriksaan glukosa akan tampil pada layar. Dan itulah hasil kadar gula dalam darah Anda saat itu. 

Saat ini, banyak sekali alat-alat POCT untuk pemeriksaan Glukosa Darah. Maka dari itu, saya sarankan kepada Anda untuk tetap memperhatikan keamanan sebelum melakukan pemeriksaan Glukosa darah. Saran saya adalah, lakukan pemeriksaan glukosa darah di laboratorium klinik atau laboratorium Rumah Sakit. Karena laboratorium Rumah Sakit sudah menggunakan alat yang lebih canggih dan biasanya mereka melakukan Quality Control setiap hari. Sehingga, hasil pemeriksaan yang dilakukan sudah dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 

2. Pemeriksaan Gula Darah Metode GOD-PAP

Berbeda dengan pemeriksaan rapid atau POCT. Pada pemeriksaan ini, pasien akan diambil sampel darahnya menggunakan spuit 1 atau 3 cc. Karena pemeriksaan glukosa metode ini, membutuhkan jenis sampel yang di sentrifuse seperti serum atau plasma. 

Setelah di ambil darahnya, Anda akan menunggu beberapa menit. Jika pemeriksaan glukosa saja, biasanya TAT (turn arround time)nya mencapai 30 sampai 60 menit. Jadi, metode ini hasil pemeriksaanya agak lama jika dibandingkan dengan pemeriksaan gula darah metode POCT. 

Dengan kedia metode diatas Anda sudah mengetahui dan dapat membandingkan alternatif yang Anda butuhkan dalam mengetahui kadar gula dalam darah Anda. Keputusan ada di tangan Anda, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat. 

Jika Anda mendapatkan hasil pemeriksaan gula darah diatas > 150 mg/dL coba lakukan pemeriksaan ulang dengan Anda berpuasa terlebih dahulu minimal 10 jam dengan tidak makan dan tidak minum yang manis (minum air putih masih boleh), tidak merokok dan tidak melakukan kegiatan yang berat. Setelah itu, Anda diperiksa dengan keadaan Anda puasa 10 jam seperti yang sudah disebutkan tadi, lalu Anda makan kemudian Anda puasa lagi 2 jam setelah makan. 

Jadi, yang saya sebutkan tadi adalah tes konfirmasi untuk memastikan bahwa Anda apakah memiliki diabetes atau tidak. Bukan hanya ini saja, misalnya ada tes HbA1c untuk melihat rata-rata kadar gula darah selama 3 bulan terakhir. 

Demikian artikel tentang Mengenal Apa Itu Diabetes dan Cara Pemeriksaannya, semoga Artikel ini bermanfaat. Namun, perlu saya ingatkan bahwa artikel ini saya buat untuk sharing, jangan dijadikan bahan rujukkan dan juga untuk pengobatan. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda jika Anda membutuhkan perawatan dan pengobatan. 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts