RSUD Pantura MA Sentot Patrol Membuka Poli VCT (Poli Cempaka)

RSUD Pantura MA Sentot Patrol Membuka Poli VCT (Poli Cempaka). Artikel ini saya buat untuk memberikan informasi kepada rekan, teman yang sedang bingung dimana harus konsultasi, dan memeriksakan diri apakah dirinya beresiko terkena virus HIV karena merasa melakukan berbagai kegiatan yang beresiko seperti sering gunta ganti pasangan, menggunakan jarum suntik bergantian, melakukan hubungan sesama jenis, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan beresiko. 
poli VCT Poli Cempaka RSUD Pantura MA Sentot Patrol Indramayu 1
Ilustrasi. (Foto : https://www.tribunnews.com)

VCT adalah voluntary counselling and testing atau bisa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.  Pada prinsipnya VCT bersifat rahasia dan dilakukan secara sukarela. Artinya hanya dilakukan atas inisiatif dan persetujuan seseorang yang datang pada penyedia layanan VCT untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan pun terjaga kerahasiaannya.

Pelayanan Poli Cempaka RSUD Pantura MA Sentot Patrol

Pelayanan Poli Cempaka buka setiap hari kerja senin sampai dengan jumat. Namun untuk konsultasi dengan dokter dilakukan hari Selasa, Rabu dan Kamis (butuh rujukkan). Jika belum pernah dilakukan skiring atau pemeriksaan laboratorium akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium RSUD Pantura MA Sentot. 

Pemeriksaan Laboratorium untuk pasien Poli Cempaka dapat dilakukan dengan cepat karena laboratorium sudah memiliki alat skrining cepat. Selain itu, jika ada pemeriksaan laiinya seperti pemeriksaan fungsi hati, hematologi rutin juga dapat dilakukan. Namun, untuk pemeriksaan dengan banyak parameter pemeriksaan pasien akan menunggu paling lama 1 - 2 jam. 

Sudah Melayani BPJS Kesehatan

Bagi yang memiliki kartu BPJS Kesehatan, dan ingin berobat ke Poli Cempaka berikut ini adalah alur yang harus dilakukan. 
Pertama, datang ke Faskes Tk 1 (dokter praktek, klinik atau puskesmas) minta rujukan ke Poli Dalam dengan diagnosa B20.
Kedua, datang ke bagian pendaftaran RSUD Pantura MA Sentot Patrol (jika punya nomor rawat sebelumnya, dapat daftar secara online). 


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts