Pemeriksaan Antigen Ns1 (Nonstruktural 1) Dengue di Klinik Praga Medika Indramayu

Pemeriksaan Antigen Ns1 (Nonstruktural 1) Dengue di Klinik Praga MedikaTes antigen NS1 (protein nonstruktural 1), adalah tes yang dilakukan untuk memastikan pasien terinfeksi demam berdarah atau lainnya. Pemeriksaan Ns1 ini diperkenalkan mulai pada tahun 2006. Pemeriksaan Ns1 dapat memungkinkan mendeteksi secara cepat pada hari pertama terjadinya demam, sebelum antibodi muncul sekitar 5 atau lebih hari kemudian. Pemeriksaan Ns1 ini juga telah diadopsi untuk digunakan dalam skringin dengue pada 40 negara. 
Pemeriksaan Antigen Ns1 (Nonstruktural 1) Dengue di Klinik Praga Medika Indramayu
Ilustrasi. (Foto : https://lifestyle.okezone.com)

Diagnosis dini pada demam sangat penting untuk memastikan infeksi yang terjadi apalagi terkait manajemen infeksi dengue. Nonstruktural 1 merupakan pendekatan baru terhadap diagnosis dengue. Pemeriksaan rapid NS1 dilakukan untuk deteksi dini infeksi virus dengue pada anak.

Tujuan Pemeriksaan Antigen Ns1

Menentukan nilai diagnostik NS1 mencakup sensitivitas, spesifisitas, nilai duga positif, nilai duga negatif, dan keakuratan NS1 untuk deteksi dini infeksi virus dengue.

Metode Pengujian Metode Pemeriksaan Antigen Ns1

Dilakukan penelitian cross sectional terhadap 50 orang anak demam hari ke-1, ke-2 atau ke-3 dengan tes tourniquet positif pada bulan April sampai Desember 2012. Rapid test NS1 dilakukan untuk dibandingkan dengan RT PCR sebagai gold standard.

Hasil

Didapatkan 50 orang anak dengan demam dan tes tourniquet positif. Duapuluh lima anak NS1 positif dan 26 RT PCR positif. Rapid test NS1 memiliki sensitivitas 92,3%, spesifisistas 95,8%, nilai duga positif 96 %, nilai duga negatif 92 %, dan keakuratan 94%.

Kesimpulan. 

Rapid test NS1 mempunyai sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi untuk deteksi dini infeksi virus dengue pada anak.

Harga dan Pemeriksaan Ns1 di Klinik Praga Medika Indramayu

Pemeriksaan Ns1 di Klinik Praga Medika dilakukan dengan metode rapid, dimana pasien akan diminta untuk pengambilan darah paling sedikit 3 cc darah lengkap. Pemeriksaan membutuhkan waktu cepat sekitar 30 menit sampai 1 jam pemeriksaan. 

Untuk harga pemeriksaan Ns1 berkisar 200-250 ribu/tes. 

Syarat Pemeriksaan Ns1

Pemeriksaan Ns1 sebaiknya dilakukan ketika demam berkisar antara 1-3 hari. Jangan lebih dari 4 hari, dikarenakan untuk pengujian dengue akan diganti dengan pemeriksaan IgG/IgM DHF. 

Demikian informasi tentang Pemeriksaan Antigen Ns1 (Nonstruktural 1) Dengue di Klinik Praga Medika Indramayu ini semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts