Apa Itu TBC, Pemeriksaan dan Pengobatan

Apa Itu TBC, Pemeriksaan dan PengobatanTBC atau tuberculosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan menyebabkan kerusakan jaringan tubuh manusia. Bakteri berikut sanggup ditularkan lewat saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, tetapi sanggup juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, proses saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.
Apa Itu TBC, Pemeriksaan dan Pengobatan
Foto : http://indonesiabaik.id

Jenis tuberkulosis yang diderita oleh pasien kerap kali merupakan infeksi TBC laten, di mana terkandung bakteri TBC yang “tertidur” atau belum aktif secara klinis. Bakteri TBC akan aktif dan menjadi tunjukkan tanda-tanda setelah periode waktu tertentu, sebagian minggu apalagi sebagian tahun, tergantung keadaan kesegaran dan kekuatan tahan pasien. Jika pasien memiliki proses kekebalan tubuh yang melemah (misalnya terhadap penderita HIV, kanker, atau pasien yang menekuni kemoterapi), maka TBC akan berkembang lebih cepat. 

Apa penyebab dari penyakit TBC?

TBC disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (MTB) yang sanggup menyebar lewat udara. Bakteri ini sanggup terhirup terkecuali berlangsung kontak bersama dengan penderita tuberculosis atau lewat hawa yang udah dicemari penyakit TBC lewat batuk.

Setelah memasuki tubuh, bakteri masih belum aktif melainkan dapat “tidur” sepanjang lebih dari satu waktu. Periode ini disebut era inkubasi. Karena bakteri tidak aktif, maka tidak dapat ada tanda-tanda dan tidak pula menular. Jika pasien mengikuti tes bakteri MTB, hasilnya dapat positif meskipun tidak ada tanda-tanda sama sekali. Risiko TBC sanggup dikurangi secara penting terkecuali terdeteksi dini didalam periode inkubasi. 

Apakah penyakit TBC bisa sembuh total?

Penyakit tuberkulosis (TB atau TBC) dapat disembuhkan dan pengobatannya perlu selagi yang panjang. BANGKAPOS.COM--Penyakit tuberkulosis (TB atau TBC) dapat disembuhkan dan pengobatannya perlu selagi yang panjang. Pasien yang telah dipastikan menderita sakit TBC sekurang-kurangnya wajib minum obat selama 6 bulan. 

TBC menular melalui media apa saja?

Ketika seseorang yang telah mengidap penyakit TBC batuk, bersin, atau berkata bersama dengan memercikkan ludah, bakteri TB akan turut lewat ludah selanjutnya untuk terbang ke udara. ... Berbagi makanan dan minuman bersama dengan penderita lebih-lebih berciuman termasuk tidak menularkan bakteri TB dari penderita ke orang lain.

Bagaimana cara mencegah penyakit TBC?

  1. Hindari kontak dengan penderita TBC
  2. Gunakan Masker
  3. Ventilasi atau saluran udara yang baik
  4. Menjaga daya tahan tubuh
  5. Pemeriksaan


Bagaimana ciri ciri orang yang terkena penyakit TBC?

  1. Batuk dengan dahak yang banyak
  2. Mengalami nyeri pada bagian dada apabila bernafas
  3.  Hilangnya nafsu makan
  4. Turunnya berat badan

Bagaimana Pemeriksaan TBC di Klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit

Jika Anda mengalami ciri-ciri diatas, dan memiliki saudara serumah yang sudah terkena positif TB, segera lakukan pemeriksaan TBC di fasilitas kesehatan seperti klinik, puskesmas dan rumah sakit. Langkah-langkah dalam melakukan pemeriksaan tbc adalah Anda akan diberikan pot atau wadah untuk Anda melakukan batuk/dahak sewaktu dan pagi. 

Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan pengecatan gram, untuk melihat apakah Anda benar-benar terinfeksi bakteri tbc atau tidak. Selain itu Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan ronsen dada, apakah benar ada infeksi bakteri tbc atau tidak. 

Hasil laboratorium dan ronsen dapat disimpulkan oleh tenaga medis yang merawat Anda. Kemudian Anda akan diberikan resep obat yang harus Anda minum selama 6 bulan terus menerus tanpa putus. 

Bagaimana Pengobatan TBC dengan British Propolis

TBC benar-benar dapat diobati. Pengobatan TBC harus rutin dan terus menerus selama 6 bulan. British propolis merupakan obat herbal yang dapat diminum bersamaan dengan obat yang diberikan oleh dokter di fasilitas kesehatan. Dengan meminum obat british propolis, tingkat kesembuhan Anda akan meningkat dengan cepat. 

Dosis British Propolis Untuk Penyembuhan Pasien Tuberkulosis

British Propolis adalah premium product dari Bridlington, East Yorkshire, Inggris (Britain). British Propolis pun hadir, menjanjikan mutu dan berbagai khasiat. Jika Anda atau ada keluarga Anda yang saat ini ada yang sedang mengidap penyakit TBC (tuberkulosis), maka Anda bisa mencoba melakukan terapi dengan British Propolis dengan cara sebagai berikut:

 - 2 tetes British Propolis 3x sehari dicampur susu murni, atau
- 1 tetes untuk 10 Kg BB diminum 3x sehari

Testimoni British Propolis Dapat Mengobati TBC (Tuberkulosis)


Testimoni British Propolis untuk TB tuberkulosis Paru dan batuk berdarah


Testimoni British Propolis untuk TB tuberkulosis Paru tb tulang tb kelenjar

Testimoni British Propolis untuk inveksi paru, TB tuberkulosis Paru tb tulang tb kelenjar

Testimoni British Propolis untuk batuk dan Pilek Anak
 Klik tautan berikut ini, untuk melihat ratusan --> Testimoni British Propolis
Demikian artikel tentang "Apa itu TBC, Pemeriksaan dan Pengobatan" untuk pasien TBC. Semoga artikel ini membawa Anda untuk melakukan pengobatan tbc secara herbal dan tradisional. 
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts