Asrama Haji Indonesia Terbesar Indramayu, Target Selesai Akhir Tahun 2020

Posting Komentar

 Asrama Haji Indonesia Terbesar Indramayu, Target Selesai Akhir Tahun 2020. Pembangunan step 1 Asrama Haji Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ditargetkan selesai akhir th. ini. Asrama haji selanjutnya dibangun bagi jamaah yang akan berangkat lewat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Asrama haji Indramayu. (Foto : https://haji.kemenag.go.id/)

Pelaksana tugas (plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman mengatakan, Kementerian Agama membangun Asrama Haji Indramayu sejak Agustus 2020. 

Asrama Haji Indramayu, kata Oman, dibangun bersama dengan pakai skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). "Saya melihat progres pembangunan Asrama Haji Indramayu terlalu cepat dan baik supaya bisa menjadi teladan bagi proyek SBSN lainnya. Diharapkan pembangunan step 1 ini selesai akhir tahun, sebelum 31 Desember 2020," kata Oman saat meninjau pembangunan asrama haji di Indramayu, Minggu (13/12/2020).  

Meski progresnya positif, Oman minta pelaksana pembangunan untuk memitigasi tiap-tiap potensi yang bisa menjadi halangan dan persoalan, sehingga, bisa dilaksanakan antisipasi sejak dini. Jika keluar masalah, semua siap mengatasi.

Oman Fathurahman berharap, pembangunan Asrama Haji Indramayu juga bisa bermanfaat atau berdampak positif terhadap masyarakat setempat. faedah ini bisa secara spiritual, ekonomi, sosial, atau lainnya. 

"Kami berharap masyarakat menjadi nyaman bersama dengan adanya asrama haji, ekonomi tumbuh, dan masyarakat bisa merasakan kegunaan lainnya," ujar Oman di dalam rilis Kemenag yang diterima Senin (14/12/2020).  Guru Besar Filologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini memberikan bahwa asrama haji Indramayu diproyeksikan miliki semacam museum haji yang berciri khas Indonesia. 

"Asrama haji ini bisa sekaligus menjadi pusat edukasi yang menampilkan histori Muslim Nusantara naik haji. Jadi, visual dan nuansanya memadukan pada haji sebagai ritual ajaran Islam bersama dengan haji sebagai peradaban dan pengalaman spiritual," tutur Oman. 

Dengan begitu, kata Oman, ketika memasuki asrama haji ini, jamaah akan menjadi layaknya di rumah sendiri. Terkait pengelolaan, Oman minta asrama haji tidak dikelola secara konvensional. Untuk itu diperlukan inovasi.  

Oman mengingatkan bahwa zaman telah berubah, pelayanan asrama haji kudu branding yang baik sejak awal. "Zaman saat ini itu the main is longger the main, langkah yang pernah dianggap biasa, telah tidak memadai. Perlu pendekatan yang  out of the box di dalam menyosialisasikan keberadaan dan sarana asrama haji," katanya.  

Asrama Haji Indramayu. (Foto : https://jabar.inews.id/)


Sesuai anjuran Menteri Agama Fachrul Razi, ujar Oman, kelak Asrama Haji Indramayu bisa dimanfaatkan secara luas, juga di dalam upaya mendorong pencapaian misi Kementerian Agama, merawat kerukunan di wilayah setempat.  

Sementara itu, Plt Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan, rencana pembangunan asrama haji Indramayu akan berlangsung sampai 2024. Untuk step 1, pembangunan ditargetkan selesai akhir 2020. 

Pembangunan step 1 ini kamar tidur, area kerja, dan aula. Tahap setelah itu akan dibangun sarana penunjang lainnya, pada lain masjid, miniatur Ka'bah, studio manasik, dan mock up pesawat.  "Kami ikut merancang, mengulas dan mengambil keputusan sebelumnya. Setelah melihat hasil jadinya, aku tidak memikirkan bahwa aula bisa menjadi sebesar itu. Ini bisa menjadi benchmark bagi asrama haji lainnya," kata Muhajirin. (Sumber : iNews)

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar