Percepatan Pembangunan Jalan Tol Indrajati: Bupati Nina dan Komisi V DPR RI Bersinergi untuk Kemajuan Indramayu

Posting Komentar

 

Percepatan Pembangunan Jalan Tol Indrajati: Bupati Nina dan Komisi V DPR RI Bersinergi untuk Kemajuan Indramayu
Bupati Nina dan Komisi V DPR RI Bersinergi Percepatan Pembangunan Tol Indramayu Kertajati. (Foto : diskominfo.indramayukab.go.id)

IMADANALIS - Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sebagai daerah yang terus berkembang, infrastruktur jalan menjadi faktor penting dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan daerah tersebut. 

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Nina telah melakukan upaya keras untuk mendorong peningkatan kemudahan akses masyarakat melalui pengusulan percepatan pembangunan jalan tol Indramayu-Kertajati, atau yang dikenal sebagai jalan tol Indrajati.

Tidak disangka, upaya keras yang dilakukan oleh Bupati Nina dan jajaran pemerintahannya membuahkan hasil yang memuaskan. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi mengumumkan bahwa rencananya pembangunan ruas jalan tol Indramayu-Kertajati akan dilaksanakan pada rentang waktu 2025-2029.

Pengumuman ini disampaikan melalui salah satu unggahan akun resmi media sosial Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada tanggal 14 Juni. 

Rencananya, ruas jalan tol sepanjang 46 kilometer yang menghubungkan Indramayu dengan Kertajati akan segera dibangun.

Percepatan pembangunan jalan tol Indrajati ini merupakan hasil dari usulan yang diajukan oleh Bupati Nina kepada Kementerian PUPR pada tanggal 22 Desember 2022.

Dirjen Binamarga PUPR pun memberikan respon cepat terhadap usulan tersebut, dan kemudian muncul rencana pembangunan seperti yang disampaikan oleh BPJT.

Bupati Nina menjelaskan bahwa jalan tol Indrajati telah dimasukkan dalam SHP (Shapefile) jaringan jalan tol Jawa Barat, sehingga merupakan langkah yang wajar untuk mengusulkan percepatan dalam proses pembangunannya.

SHP atau Shapefile sendiri merupakan format data vektor yang digunakan untuk menyimpan lokasi, bentuk, dan atribut dari fitur geografis.

"Membangun jalan tol membutuhkan waktu yang panjang, mulai dari pembebasan lahan hingga tahap pembangunan konstruksi. Oleh karena itu, kami meminta Kementerian PUPR untuk melakukan percepatan, dan alhamdulillah permohonan kami direspon dengan cepat," ungkap Bupati Nina kepada Diskominfo Indramayu pada hari Jumat, 16 Juni 2023.

Menurut Bupati Nina, usulan percepatan ini didasarkan pada pertimbangan rencana strategis pembangunan daerah. 

Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat juga menjadi dasar dari usulan tersebut.

"Kami mengajukan percepatan ini berdasarkan pertimbangan strategis. Pertama, di Indramayu terdapat embarkasi haji, dan selanjutnya akan ada juga pabrik Petrochemical serta pembangunan kawasan industri di Kabupaten Indramayu," tambahnya.

Percepatan pembangunan jalan tol Indrajati juga mendapatkan dukungan dari kunjungan Komisi V DPR RI ke Kabupaten Indramayu beberapa waktu lalu. 

Komisi yang memiliki tanggung jawab dalam bidang infrastruktur tersebut turut mendukung percepatan pembangunan jalan tol Indrajati.

Dengan adanya pembangunan jalan tol Indrajati, diharapkan akan terjadi perubahan yang signifikan dalam kemudahan aksesibilitas masyarakat. 

Ruas jalan tol tersebut akan menghubungkan Indramayu dengan Kertajati, mempersingkat waktu perjalanan dan meningkatkan efisiensi transportasi antarwilayah.

Selain itu, pembangunan jalan tol ini juga akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

 Indramayu memiliki embarkasi haji yang menjadi pintu gerbang utama bagi jamaah haji di wilayah Jawa Barat. 

Dengan adanya akses jalan tol yang baik, akan lebih mudah bagi jamaah haji dan calon jamaah haji untuk mencapai embarkasi tersebut, meningkatkan kenyamanan dan efisiensi dalam proses perjalanan.

Selain embarkasi haji, adanya pabrik petrokimia dan rencana pembangunan kawasan industri di Kabupaten Indramayu juga akan mendapatkan manfaat dari pembangunan jalan tol Indrajati.

 Aksesibilitas yang lebih baik akan memudahkan distribusi barang dan bahan baku, meningkatkan konektivitas antara pabrik dan pasar, serta mendorong pertumbuhan sektor industri dan ekonomi di daerah tersebut.

Percepatan pembangunan jalan tol Indrajati merupakan langkah strategis dalam meningkatkan infrastruktur dan memperkuat konektivitas wilayah. 

Dalam jangka panjang, pembangunan ini akan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat, baik dalam hal kemudahan akses, pertumbuhan ekonomi, maupun peningkatan investasi di Kabupaten Indramayu.

Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Bupati Nina dan jajaran pemerintahannya berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan infrastruktur yang berkualitas guna meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat.

 Diharapkan, dengan adanya jalan tol Indrajati, Indramayu akan semakin maju dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (Sumber : Diskominfo Indramayu)

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar