Keindahan Religi di Kota Mangga: 3 Tempat Ibadah Terkenal di Kabupaten Indramayu

Posting Komentar

 

Keindahan Religi di Kota Mangga: 3 Tempat Ibadah Terkenal di Kabupaten Indramayu
Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan Indramayu. (Foto : indotravelingindonesia.blogspot.com)

IMADANALIS - Indramayu, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan julukan Kota Mangga, memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. 

Selain pantai-pantai yang menawan, Indramayu juga memiliki beberapa destinasi wisata religi yang layak dikunjungi. 

Berikut ini adalah tiga wisata religi favorit di Kabupaten Indramayu yang patut Anda kunjungi.

Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan

Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan terletak di Simpang Lima Pekandangan, Indramayu. Nama masjid ini diambil dari seorang ulama terkemuka bernama Syaikh Abdul Manan. 

Beliau dikenal sebagai penjaga banyak naskah-naskah kuno Islam dalam versi Arab gundul maupun Jawa Pegon.

Keunikan dari masjid ini terletak pada arsitektur bangunannya yang menggabungkan gaya bangunan masjid modern khas Timur Tengah dengan sentuhan tradisional. 

Masjid ini juga memiliki empat menara yang menjulang setinggi sekitar 100 meter di setiap sudutnya, memberikan kesan megah dan memukau.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.1, Pekandangan, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun (MAZ)

Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Kabupaten Indramayu memiliki masjid dengan menara tertinggi di dunia. Masjid tersebut adalah Masjid Rahmatan Lil Alamin Ma’Had Al Zayitun (MAZ). 

Masjid megah ini terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dan merupakan masjid dengan menara tertinggi ketiga di dunia setelah Masjid Agung Aljazair dan Masjid Hassan II di Casablanca.

Keindahan dan keagungan masjid ini menjadikannya daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan jemaah yang ingin mengunjunginya. 

Selain itu, masjid ini juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Lokasi: Mekarjaya, Rancasari, Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Makam Habib Keling

Makam Habib Keling Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Makam Habib Keling. (Foto : http://majlis-maulidurosul.hexat.com/)

Makam Habib Keling terletak di Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Habib Keling, yang memiliki nama Syekh Umar, diyakini berasal dari Keling (Samudera Pasai), Aceh. 

Beliau datang ke Jawa bersama dengan Syekh Kuro Kerawang dan menyebarkan agama Islam di wilayah ini.

Makam ini menjadi tempat ziarah dan doa bagi para pengunjung yang ingin menghormati perjuangan dan warisan sejarah dari Habib Keling.

 Lokasinya yang berada di tepi pantai pesisir utara memberikan suasana yang tenang dan damai.

Mengunjungi makam Habib Keling juga memberikan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah penyebaran agama Islam di wilayah ini. 

Habib Keling dikenal sebagai salah satu tokoh yang berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam ke Cirebon dan sekitarnya.

Lokasi: Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Ketiga destinasi wisata religi di Kabupaten Indramayu ini merupakan tempat yang penting dari segi sejarah dan spiritualitas. 

Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, Anda dapat merasakan keagungan dan keindahan arsitektur bangunan serta memperdalam pemahaman tentang nilai-nilai keagamaan yang diwariskan oleh para pendiri dan tokoh agama. (Sumber : Bank BJB)

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar