Transfusi Darah

Posting Komentar

Baca artikel yang sering di baca lainnya :
Leukosit (sel Darah Putih)
Anemia



Transfusi adalah suatu tindakan memasukkan whole blood atau komponen darah secara langsung ke dalam aliran darah, yang sebagian besar diberikan untuk mengatasi anemia, menambah volume darah, atau memperbaiki imunitas. Namun, komponen normal dari membran eritrosit seseorang dapat memicu terbentuknya kompleks antigen-antibodi yang merusak tubuh pasien.

Transfusi merupakan bagian penting dari pelayanan kesehatan saat ini. Bila digunakan dengan benar, transfusi dapat menyelamatkan jiwa atau memperbaiki kesehatan. Namun transmisi infeksi melalui darah atau produk darah harus mendapat perhatian sehingga transfusi benar-benar bermanfaat bago pasien.

Labu Darah

Transfusi merupakan tindakan interfensi yang dapat menyelamatkan nyawa. Namun, sebagaimana tindakan pengobatan lainnya, transfusi juga dapat menyebabkan komplikasi, baik akut maupun lambat, dan membawa resiko penularan penyakit infeksi, termasuk HIV, virus Hepatitis, sifilis, malaria dan Chagas.

Keamanan dan efektivitas transfusi tergantung pada dua hal, yaitu ;
Pasokan darah/komponen darah yang aman, mudah didapat dengan biaya sesuai daya beli masyarakat, dengan jumlah yang memenuhi kebutuhan.
Pemakaian darah/komponen darah yang rasional.

Transfusi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati, sejak persiapan, pelaksanaan sampai pelaporannya. Bila ada hal-hal yang mengarah pada reaksi transfusi, walaupun yang ringan, harus segera ditangani dengan baik sampai tuntas hingga pelaporannya. Hal ini untuk mencegah atau memperkirakan kemungkinan terjadi reaksi yang sama atau bahkan lebih berat bila pada suatu saat nanti pasien yang bersangkutan kembali memerlukan transfusi.


Sumber :
Dasar-dasar Tranfusi Darah, 2011. Bandung, hal. 71
Berbagai sumber.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar