Mitra BUMDes Bersama Indramayu Pasarkan Beras di BLANJA.com

Kunjungan Presiden Jokowi Dodo ke Indramayu. (Foto : https://www.suaramerdeka.com)

Imad Analis. Dunia pertanian Indonesia memasuki era Digitalisasi Sistem Pertanian. Diresmikannya Mitra BUMDes Bersama (MBB) Sliyeg oleh Presiden Jokowi adalah salah satu programi percontohan dalam mendorong peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, Kementerian Desa, Kementerian Pertanian, beserta Pemerintah Daerah (Pemda) dan anak perusahaan BUMN lainnya seperti Telkom Indonesia dan Bank Himbara.



Program digitalisasi pertanian mengintegrasikan 4 siklus pertanian yaitu Pra Tanam, Tanam, Panen dan Pasca Panen. Dalam praktiknya, MBB akan memfasilitasi para petani untuk menjual berasnya dan mengemasnya ke dalam kemasan yang menarik. Setelahnya produk-produk pertanian itu akan didistribusikan dan dipasarkan melalui pasar daring.

Menurut Presiden Jokowi, dengan cara itu para petani akan mendapat keuntungan yang jauh lebih besar.

“Untuk itu keharusan melakukan digitalisasi pertanian yang didukung kemampuan kewirausahaan petani, menjadi faktor utama memenangkan persaingan dan kompetisi utamanya di bidang pangan,” tegas Presiden.

Menurut Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, digitalisasi sistem pertanian merupakan mesin penggerak guna memaksimalkan produktivitas petani. Telkom mewujudkan digitalisasi pertanian dalam bentuk platform digital yang terintegrasi bernama LOGTAN (Logistik Tani).

Melalui LOGTAN, petani dan BUMN terkait dapat mengakses data tunggal yang lengkap mulai dari masa pra tanam hingga pascapanen. Saat pasca panen, hasil panen bisa dijual secara online melalui marketplace BLANJA.com.



Pada kesempatan yang sama, CEO BLANJA.com Aulia E. Marinto mengungkapkan, sebagai e-commerce BUMN, BLANJA.com turut mengambil peran penting untuk mendigitalisasi petani sehingga bisa memasarkan produknya secara online. Bekerjasama dengan Mitra BUMDes Bersama, MBB Sliyeg sudah memiliki toko online di BLANJA.com yang menjual beragam produk tani seperti Pangan, Bibit, Saprotan, Pupuk, Obat dan Hama. (Sumber : Suara Merdeka)

Terimakasih sudah berkunjung di Blog Imad Analis. Semoga artikel ini bermanfaat. Blog ini merupakan blog berbagi berita Kesehatan, Politik dan Edukasi Islam. Selamat membaca blog sederhana dari Saya, Imad Analis
Baca juga :


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts