Cara Merubah Ukuran dan Menggabungkan Dokumen PDF

Imad Analis. Mungkin akan ada beberapa rekan ATLM yang kesulitan pada tahap ke tiga ini. Pada tahap ini pelamar akan diminta untuk mengupload beberapa file besar namun dibatasi misalnya, maksimal 500 kb (kilobyte) dan minimal misalnya 100 kb. Pada beberapa file PDF yang di scan akan menghasilkan ukuran file yang besar. Bagaimana untuk memperkecil ukuran sebuah file PDF? Selain itu, dalam tahap ke tiga ini, tidak semua file PDF. Tahap ke tiga pada seleksi CPNS 2018 ini juga meminta file dalam bentuk JPEG. 

cpns 2018 jalur umum, cpns 2018 jawa barat, cpns 2018 smk, cpns 2018 bandung, cpns 2018 kemenkumham, cpns 2018 guru, cpns 2018 kaskus, cpns 2018 jabar, cpns 2018 formasi, cpns 2018 bkn, cpns 2018 lulusan smk, cpns 2018 lampung, cpns 2018 bekasi, cpns 2018 cirebon, cpns 2018 tasikmalaya, cpns 2018 bogor, cpns 2018 kemenag
Pada gambar diatas merupakan tampilan pada tahap ke tiga. Dimana kita akan meng-upload beberapa file bentuk PDF dan JPG dalam ukuran yang sudah ditentukan. Bagaimana cara melakukan scaning? Jika tidak ada alat untuk scan, bisa menggunakan aplikasi android bernama Cam Scanner. Format gambar bisa ditentukan apakah ketika scan selesai akan di save dalam bentuk JPEG atau PDF. Namun, saya hanya merekomendasikan lakukan scaning menggunakan alat scan yang terhubung dengan perangkat komputer. 


Scan Ijazah dan Transkrip nilai dalam bentuk PDF

 cpns 2018 garut, cpns 2018 karawang, cpns 2018 majalengka, cpns 2018 agustus, cpns 2018 apa saja, cpns 2018 aceh, cpns 2018 akreditasi c, cpns 2018 apakah sudah dibuka, cpns 2018 adalah, cpns 2018 akuntansi, cpns 2018 akreditasi, cpns 2018 analis kesehatan, cpns 2018 apoteker, cpns 2018 akhir juli, cpns 2018 arsitektur, cpns 2018 apa sudah dibuka,

Saya menggunakan printer yang sudah mendukung untuk melakukan scaning, yaitu EPSON L220. Pada perangkat ini pula dapat menyimpan file dalam bentuk JPG dan atau PDF. Selain itu kita dapat memilih resolusi (ketajaman gambar) yang dihasilkan, mulai dari 50 dpi, 72 dpi, 96 dpi, 150 dpi sampai dengan 1200 dpi semakin tinggi maka akan semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan dan tentunya kapasitas nya juga akan semakin tinggi. 

Semua persyaratan harus di scan, dan disimpan dalam bentuk PDF dan JPG. Seperti pada kasus saya, sebagai berikut :

Scan ijazah dan scan fotokopi sertifikat akreditasi dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 700 kb.

Perhatikan, disini ada dua file. Pertama, Ijazah dan yang kedua adalah scan Fotokopi Sertifikat akreditasi. Jika kita lakukan scaning bergantian dalam waktu yang berbeda. Maka file nya akan terpisah. Pada kasus ini, kita akan melakukan KOMBINASI FILE PDF. Caranya ;
  • Klik https://combinepdf.com/id/ 
  • Unggah file satu persatu, yang harus pertama di unggah adalah Ijazah kemudian Sertifikat Akreditasi agar posisinya beraturan, sesuai dengan permintan yang ada pada web sscn.
  • Klik GABUNGKAN, maka akan ototmatis ter-download. Cek ukuran file.

Jika ukuran File melebihi batas maksimal, misalnya dalam persyaratan pada Gambar 1, maksimal 700 kb ternyata hasil scan KOMBINASI kita hasilnya 1,300 kb atau sama dengan 1,3 MB. Yang harus kita lakukan selanjutnya adalah KOMPRESS PDF (memperkecil ukuran file PDF), Caranya :
  • Klik https://pdfcompressor.com/id/
  • Unggah File (bisa juga lakukan Drag file / menggeser)
  • Klik Download. Selesai. 
  • Upload ke web sscn. Poin satu selesai. 

 Pada syarat unggahan selanjutnya yaitu, Scan Asli KTP, Scan Surat lamaran kerja yang ditulis tangan dan Scan Asli transkrip nilai di KOMPRES dan diunggah seperti cara diatas. Sebetulnya banyak layanan untuk melakukan KOMPRES file di web, asalkan komputer kita selalu terhubung dengan internet. Nah, semoga artikel Cara Merubah Ukuran dan Menggabungkan Dokumen PDF dapat membantu rekan ATLM dalam menyelesaikan tahap ke tiga dalam proses pendaftaran CPNS 2018. 

Pesan saya adalah, baca hati-hati setiap tahap demi tahap. Perhatikan kebutuhan file yang di ungga. Misalkan jika minta PDF kita siapkan PDF. Jika minta JPG kita siapkan JPG. Jika pengen ngopi, ya beli sendiri ya :D Selamat mencoba.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts