Alternatif Penyedia Air Bersih Untuk Wilayah Pesisir

Alternatif Penyedia Air Bersih Untuk Wilayah Pesisir. Saat ini sebagian wilayah Indramayu mengalami kekeringan dikarenakan musim kemarau yang sedang terjadi saat ini. Hal ini, menyebabkan berbagai kegiatan masyarakat terganggu bahkan untuk pertanian seperti sawah banyak yang mengalami gagal panen yang diakibatkan padi mengalami puso. Apakah ada alternatif lain untuk menanggulangi kelangkaan air tawar di Indramayu? 
Pantai Eretan Kulon Imad Analis
Pantai Eretan Kulon 

Alternatif lain dalam memenuhi kebutuhan ari bersih di daerah pesisir seperti Indramayu adalah dengan cara menyuling air laut menjadi air tawar (air bersih). Namun, kendala penyulingan air laut yang sampai saat ini masih membutuhkan cara dan inovasi agar teknologi tersebut mampu memproduksi jumlah air bersih dalam skala besar. 
Baca juga : Krisis Air Bersih Mengganggu Pelayanan RSUD MA Sentot Patrol
Teknologi-tekonologi alternatif yang saat ini saya cari beritanya melalui Google Search hanya sebatas teknologi yang memproduksi air dalam skala kecil. Teknologi alternatif untuk merubah air laut menjadi ari tawar, seperti berikut ini ;
  1. Eliodomestico
  2. Membran graphene-oxide
  3. Teknologi filtrasi membran semipermeabel
  4. Dan masih banyak lagi


Seperti yang Saya kutip dari berita VOA, Ada dua metode dasar untuk melakukannya, distilasi melalui penguapan dan penyaringan melalui membran khusus yang menghalangi molekul garam lewat. Teknologi lainnya, seperti saringan dari enzim dan partikel nano, menjanjikan penurunan biaya desalinasi yang lebih dramatis lagi pada skala industri.Menurut Asosiasi Desalinasi Internasional, ada lebih dari 19.000 pabrik desalinasi di seluruh dunia yang memproses lebih dari 92 juta ton air setiap hari.
Baca juga Dorong Produktifitas, Petani disarankan Mencoba Pupuk Cair Herbal
Sistem pengolahan air asin di daerah pesisir sebetulnya bisa dilakukan, namun memiliki kendala biaya yang sangat besar. Mudah-mudahan Indramayu sebagai daerah pesisir memiliki alternatif lain dalam menyediakan air tawar dari hasil penyulingan air laut. Semoga saja ya. :)
Baca juga Banjir "Mengancam" Indramayu Kota, Air Sudah Meluber di Griya Asri dan Islamic Center
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts