Asam Urat dan Cara Mengobatinya

Asam Urat dan Cara Mengobatinya. Asam urat merupakan gejala sakit pada anggota sendi yang disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti faktor pola hidup, makanan dan riwayat penyakit berasal dari keluarga. Dalam situasi dan jumlah yang normal, asam urat berguna untuk anggota tubuh tertentu. Namun persoalan dapat terlihat saat persentase asam urat meningkat didalam darah. Biasanya penderita asam urat dapat merasakan nyeri, panas dan bengkak pada anggota sendi. Untuk menyadari langkah mencegah dan menangani asam urat, dapat lebih baik kita menyadari apa sebenarnya penyebab asam urat dan juga gejalanya.
Asam urat dan cara pengobatan yang manjur
Ilustrasi. (Foto : https://kitakini.news)

Penyebab Utama Asam Urat 

  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman dengan kandungan gula yang tinggi.
  • Makanan yang punyai kandungan purin yang tinggi. Seperti jeroan ayam, hati, seafood dan sayur bayam.
  • Faktor genetik atau ada riwayat penyakit asam urat berasal dari keluarga.
  • Menggunakan obat-obatan dengan tipe tertentu.

Baca juga : Obat Ranitidin di Tarik di Sejumlah Negara, Begini Menurut BPOM

Menurut Agromedia didalam buku yang berjudul “Solusi Sehat Mengatasi Asam Urat dan Rematik” yang diterbitkan terhadap tahun 2009 mengatakan, bahwa penyebab Asam Urat sanggup dibagi jadi 2 faktor. 

1. Hiperurisemia Primer

Hiperirusemia primer merupakan penyebab yang berasal karena faktor hormonal atau faktor genetik, sehingga seringkali terjadinya kekurangan enzim yang seharusnya berguna untuk kurangi persentase asam urat didalam darah.

2. Hiperurisemia Sekunder

Hiperurisemia Sekunder seringkali disebabkan karena obesitas atau konsumsi makanan yang miliki persentase purin yang tinggi. Adapun penyebab lainnya seperti ketidakmampuan tubuh produksi fruktosa secara normal, kelainan glikogen, kelainan ginjal, anemia hemoltik dan terbentuknya limfosit secara berlebihan.

Baca jugaHati-Hati, Bakteri Pada Mesin Cuci Ada Pada Kulit Bayi

Gejala Asam Urat 

  1. Merasa nyeri dan panas pada anggota sendi.
  2. Merasakan sakit yang luar biasa dan sanggup menjadi bengkak pada anggota sendi.
  3. Mengalami ada masalah saat dapat berlangsung karena rasa nyeri dan sakit yang luar biasa.
  4. Muncul warna kemerahan pada anggota sendi yang mulai nyeri.
  5. Biasanya gejala asam urat ini dapat mereda sendirinya, tapi harus selalu melakukan pencegahan dan menanggulangi asam urat untuk menghindari efek penyakit yang lebih parah.


Cara Tepat Mengatasi Asam Urat

  1.  Banyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan meminum air putih maka zat-zat purin yang ada pada tubuh dapat keluar pada sementara kita mengeluarkan urin.
  2. Perbanyak olahraga dan mengawali pola hidup sehat. Melakukan gerakan pada sementara olahraga akan menyebabkan sendi-sendi terlatih agar rasa sakit akan terminimalisir kala gejala asam urat ulang timbul.
  3. Mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Mulailah untuk mengkonsumsi sayur-sayuran yang sehat dan tinggi akan persentase protein untuk hindari penyakit asam urat.
  4. Menjaga berat badan. Orang-orang yang obesitas umumnya lebih cenderung menderita penyakit asam urat. Hal ini disebabkan dikarenakan tidak memperdulikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Mulailah untuk merawat berat badan untuk hindari obesitas
  5. Mencoba obat-obat tradisional dan alami juga dapat dikerjakan untuk menghindar asam urat. Bahan-bahan tradisional yang dapat digunakan untuk menghindar asam urat yakni cuka apel, jahe dan lemon. Anda dapat coba untuk menyebabkan racikan minuman berasal dari bahan-bahan tersebut.
  6. Merendamkan kaki pada air hangat yang telah diberikan air garam dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada sementara berlangsung asam urat. 

Baca juga British Propolis Manfaat Untuk Pengobatan Diabetes
Jadi, itu dia informasi seputar penyebab, gejala dan cara mengatasi asam urat. Mulai sekarang jagalah pola hidup yang sehat supaya terhindar dari penyakit. Semoga informasi ini berfungsi dan selamat mencoba. 

Alamat Distributor British Propolis Indramayu dapat dilihat melalui Google Map berikut :


Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts