Penyelenggaraan Salat Idul Adha di Indramayu: PDM Muhammadiyah Sediakan 14 Lokasi yang Siap Menyambut Jamaah

Posting Komentar

 

Penyelenggaraan Salat Idul Adha di Indramayu PDM Muhammadiyah Sediakan 14 Lokasi yang Siap Menyambut Jamaah

IMADANALIS - Hari Raya Idul Adha 1444 H akan segera tiba, dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan bahwa perayaan ini akan jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023.

 Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang diikuti oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

 Menyambut hari besar ini, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Indramayu telah menyiapkan 14 lokasi untuk penyelenggaraan salat Idul Adha.

Ketua PDM Indramayu, Drs H Jubaedi Rahman MSi, melalui Sekretaris, Suroto MPd, mengungkapkan bahwa ada 14 lokasi yang telah disiapkan, tersebar di 10 kecamatan di Indramayu. 

Keempat belas lokasi tersebut meliputi Halaman Masjid Al Jihad Patrol, Halaman Parkir Stadion Tridaya Indramayu Kota, Lapangan Perguruan Muhammadiyah Jatibarang, Masjid Al Furqon Jatibarang, 

Lapangan Bola Voli Muhammadiyah Juntikebon, Halaman MI/SMP Muhammadiyah Juntinyuat, dan Halaman Masjid Baitul Makmur Juntinyuat.

Selain itu, terdapat juga Halaman Perguruan Muhammadiyah Sliyeg, Lapangan SMK Muhammadiyah 1 Terisi, Lapangan Bola Benda Karangampel, Halaman Perguruan Muhammadiyah Kandanghaur, Halaman Masjid Gopala Ibnul Wakhi Kedokan Bunder, Depan SPBU Kedokan Bunder, dan Alun-alun Haurgeulis.

Suroto juga mengimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah di Indramayu untuk menyembelih hewan kurban sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu pada Kamis, 29 Juni 2023.

 Selain itu, ia juga mengingatkan agar menjaga kerukunan, saling menghormati, dan menjaga ketertiban umum. 

Lebih baik jika penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya dilakukan pada tanggal 29 Juni atau setelahnya.

 Imbauan ini disampaikan sebagai bentuk toleransi kepada umat Islam yang merayakan Idul Adha pada 29 Juni.

Suroto menambahkan bahwa imbauan tersebut telah resmi disampaikan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan PDM Kabupaten Indramayu dengan tunduk mengikuti kebijakan, keputusan, dan sikap PP Muhammadiyah.

Terjadi perbedaan pendapat antara Pemerintah Indonesia dan Muhammadiyah terkait penetapan tanggal Idul Adha tahun 2023. 

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1444 Hijriyah jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023, sehingga Hari Raya Idul Adha 1444 Hijri jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. 

Namun, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023, berdasarkan kriteria hisab hakiki wujudul hilal.***

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar