Hemoglobin (Hb)

Posting Komentar
Bacalah Beberapa Artikel sebelumnya seperti :

Cord World Bank (Bank Darah Tali Pusat)
Mikroalbuminuria dan Risikonya pada Penurunan Fungsi Ginjal
Pre Analitik, Analitik dan Paska Analitik Pemeriksaan Laboratorium
Uji Saring Untuk Penyakit Infeksi
===============================================


Hemoglobin adalah molekul yang kompleks dan besar. Hemoglobin terbentuk dari molekul yang berisi besi (disebut Haem) yang berikatan dengan rantai polipeptida (disebut Globin). Hemoglobin adalah cairan kemerahan didalam sel darah merah. Zat ini mempunyai kemampuan bolak – balik mengikat oksigen dan karbon dioksida. Peranan utamanya adalah sebagai pengangkut oksigen menuju pelbagai jaringan, sehingga tubuh mendapat daya dan panas yang diperlukannya. Oksigen diperoleh dari paru, lalu dipompakan jantung ke sulurh jaringan tubuh. Setelah terpakai, oksigen dalam sel darah merah digantikan oleh karbon dioksida, selanjutnya dibawa kembali ke paru. Disini ia dilepaskan, dan diganti dengan oksigen yang baru, yang siap diedarkan lagi pada sirkulasi berikutnya.

Kadar hemoglobin dinyatakan dalam gram hemoglobin per desiliter darah. Pada pria memiliki kadar rata – rata sedikit lebih tinggi dari pada para wanita: rata – rata pria antara 13,5 – 17,0 dan rata – rata wanita antara 12,0 – 16,0 g/dl.

Kadar hemoglobin dapat diukur dalam berbagai cara. Dua cara terbaik adalah dengan teknik kolorimetri dan fotometri. Kadarnya dapat ditaksir secara tidak langsung (bukan diukur), yaitu dengan membandingkan berat-jenis zat ini dengan berat-jenis tembaga-sulfat yang telah diketahui sebelumnya. Teknik ini telah biasa digunakan secara luas dalam pelayanan transfusi darah, karena tidak memerlukan pasokan listrik.

Kadar minimum hemoglobin yang telah disepakati oleh Pusat Transfusi Darah di Indonesia ialah sebagai berikut :
Pria : 13.5 g/dl
Wanita : 12.5 g/dl
Kadar minimum ini ditentukan dengan setetes darah yang tenggelam dalam larutan tembaga sulfat dengan berat-jenis 1.052

Sumber :  Pelayanan Transfusi darah. 2003.Buku Pedoman Pelayanan Transfusi Darah; Serologi Golongan Darah. Modul 3  hal 2.


Download mini e book TERBARU SAYA tentang KOMPLIKASI DIABETES (Diabetes Santai, Kompliasi Mengintai)  disini.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar