Triklosan Bahan Berbahaya Yang Menyebabkan Keropos Tulang (Osteoporosis)

Triklosan Bahan Berbahaya Yang Menyebabkan Keropos Tulang (Osteoporosis). Siapa sangka kadar yang terdapat terhadap product pembersih layaknya sabun, pasta gigi, dan obat kumur ternyata sanggup membawa dampak masalah kesehatan tulang osteoporosis terhadap wanita.
Add caption

Hal ini terungkap sesudah sebuah belajar mendapatkan jalinan pada paparan bahan kimia di dalam product sehari-hari bersama dengan osteoporosis. 

Seperti dikutip dari iofbonehealth.org, Osteoporosis secara harfiah bermakna tulang keropos, penyakit di mana kepadatan dan kualitas tulang jadi berkurang.
Baca juga : Perempuan Jangan Suka Memendam Emosi, AWAS STROKE
Akibat tulang jadi lebih keropos dan rapuh tesebut menyebabkan risiko patah tulang jadi meningkat.

Dilansir dari eurekalert.org, studi yang dipublikasikan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism selanjutnya menganalisis information dari 1.848 perempuan sepanjang 2005-2010.

Hasilnya, peneliti mendapatkan urine wanita yang terpapar kadar triclosan yang tinggi
Baca jugaBahaya Vape Bagi Kandungan Perempuan
Triclosan merupakan bahan kimia pengganggu endokrin yang banyak digunakan sebagai antibakteri didalam product pembersih dan perawatan pribadi.  

Menurut penulis studi, Yingjun Li, Ph. .D., Dari Sekolah Medis Umum Kesehatan Sekolah Hangzhou di Hangzhou, Cina mengatakan ada interaksi negatif pada kesegaran tulang dan triklosan. 

Hubungan negatif berikut ternyata mengganggu keseimbangan kegunaan tiroid dalam tubuh yang mengakibatkan tulang keropos dan menambah risiko patah tulang.

Bahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menjadi menghalangi pemanfaatan triklosan dan bahan kimia lain dalam product pembersih yang tersebar di negaranya. 
Baca jugaBPOM Memperkuat Perdagangan Online Obat Tradisional
Ini dikarenan triklosan terbukti tidak safe dan efektif untuk pemakaian sehari-hari dalam jangka panjang. 

Oleh gara-gara itu, sebelum membeli produk pembersih mencermati apakah terdapat persentase triklosan di dalamnya. Jika kita terlanjur cobalah untuk mengurangi penggunaan produk tersebut.
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts