Mengambil Resiko atau Tidak? Menghadapi Tantangan dalam Mewujudkan Hobi Musik

Posting Komentar

 

Auxter Media: Mengamankan Hak Cipta Karya Musik di Era Digital

IMAD ANALIS - Kehausan saya berkarya terus bergejolak di alam fikiran ini. Andaikan, Saya punya budget, mungkin saya akan mengembangka lagi hobi saya ini di bidang musik. 

Namun saja, terkadang keterbatasann saya hari ini adalah 'Cara Allah' agar saya tidak terjerumus jauh kedalam hal-hal yang Allah ngga inginkan dan ridhai. 

Hanya saja, mari selayang pandang bagaimana seandainya? Ah, lagi-lagi kata 'seandainya' ini adalah 'jebakan' yang Allah juga tidak menyukainya, hehehe.

Mari kita berandai-andai, Saya yang pernah memiliki sebuah manajemen musik, pernah membuat tiga band yang memiliki karya-karya yang bagus dan harus tereliminasi oleh kenyataan. 

Andaikan saya memiliki 'kekuatan materi', saya sudah membuat sebuah manajemen musik yang menguasai platform digital. 

Ah itu hanya mimpi saja. Aku tersadar bahwa ini harus dilakuka secara bertahap. Bukan bimsalabim. 

Karena bekerja dengan orang lain itu harus banyak sabarnya, sehingga saya memulai membuat lagu sendiri yang dibantu oleh rekan saya dulu di manajemen. 

Saya membuat sebuah chanel baru, Auxter Media, platform youtube untuk mengamankan hak cipta kita walaupun sebaiknya di urus ke lembaga hak cipta agar lebih kuat secara hukum. 

Tapi, untuk saat ini dengan di upload saja di youtube sudah menjadi syarat minimal kita mengamankan hak kekayaan intelektual kita di platform digital. 

Mungkinkah saya bisa melakukan lagi hobi saya ini? 

Harga yang harus saya bayar sangatlah mahal, kelemahan saya adalah tidak ingin mengambil resiko. Takut mengambil resiko. begitulah kira-kira. 

Padahal jika dahulu saya melakukan itu, saya sudah bisa menguasai platform digital youtube. Tapi, yah itulah perjalanan hidup, jangan pernah menyesalinya. 

Mari lakukan semampunya kita, sesuai dengan kadarnya saja. Akan selalu ada 'kepahitan' 'ketidaknyamanan' dalam segala aspek tindakan kita. 

Tidak mudah menjalani apa yang kita inginkan, mungkin sebaiknya-baiknya ya apa yang sedang kita jalani sekarang ini. 

Indramayu, 1 Mei 2023.

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar