Pemeriksaan GULA DARAH SEWAKTU sebagai Skrining Awal

Posting Komentar
Apabila seseorang mengalami gejala 3P (polifagi, poliuri, polidipsi) ditambah adanya penurunan berat badan, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan awal. Pemeriksaan yang dianjurkan adalah melalui pemeriksaan gula darah puasa dan atau sewaktu. Ada beberapa metode cara pengambilan sampel darah, yakni dengan darah kapiler dan darah pembuluh vena. Darah kepiler biasanya diambil dari ujung jari tangan kemudian diukur dengan test strip. Dari kedua sampel darah ini yang lebih dianjurkan adalah melalui darah vena karena lebih akurat dibanding strip. Namun apabila tidak tersedia laboratorium, boleh saja menggunakan test strip sebagai skrining awal.



Pemeriksaan mungkin tidak cukup satu kali dengan pemeriksaan gula darah sewaktu, terkadang perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan TTGO (Test Toleransi Glukosa Oral). Apabila seseorang memiliki gejala khas (3P) ditambah dengan hasil pemeriksaan gula darah sewaktu diatas normal, maka orang tersebut didiagnosis sebagai penderita DM, namun apabila ia tidak memiliki gejala 3P namun pemeriksaan gula darah sewaktunya di atas normal, maka perlu dilakukan pemeriksaan TTGO.
Kadar gula darah norma adalah < 200 mg/dL dalam keadaan puasa, yang dikenal sebagai kadar gula darah sewaktu. Sedangkan dalam keadaan puasa kadar normalnya adalah < 126 mg/dL. Mengenai apakah Anda terkena DM atau tidak setelah pemeriksaan tersebut, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.


Gula darah naik tapi bukan DM

Ada beberapa keadaan yang menyebabkan kenaikan kadar gula darah selain penyakit DM. adanya penyakit yang menimbulkan stres fisik maupun mental dapat menyebabkan kenaikan gula darah. Kondisi ini tidak digolongkan ke dalam DM, namun sebagai hiperglikemi reaktif (gula darah meningkat akibat reaksi terhadap penyakit yang mendasari).

Penyakit seperti stroke dan kanker juga bisa menyebabkan gula darah meningkat. Dalam penanganannya, diperlukan kontrol gula darah senormal mungkin agar proses penyembuhan lebih cepat.

NB : Nilai acuan untuk Nilai Normal disetiap laboratorium Rumah Sakit atau Klinik pasti berbeda, untuk itu hubungi dokter Anda untuk membantu menanganinya.

Sumber : Dokter Kita Edisi 8-THN VI – Agustus 2011 hal 14 – 15


Jika ANDA berminat memiliki ALAT GULA DARAH dengan harga MURAH KUALITAS BAIK, silahkan Klik disini  atau SMS ke  087828993653 (24 jam) Untuk melihat HARGA dan JENIS BARANG
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar