Siapa Yang Sadar Bahwa Indonesia Saat Ini Dibanjiri Produk China Lewat Shopee

Siapa Yang Sadar Bahwa Indonesia Saat Ini Dibanjiri Produk China Lewat Shopee. Artikel ini saya buat bukan karena rasis. Artikel ini mengajak teman-teman semua untuk tergugah dan tersadar bahwa kita akan terus berjuang untuk mendapatkan peran kita sendiri di tanah air kita sendiri. Siapa yang saya maksud kita? Kita adalah produsen dari pada UMKM yang bergerak untuk menumbuhkan ekonomi skala sedang, sebuah level paling dasar dalam sistem ekonomi kita. 
Siapa Yang Sadar Bahwa Indonesia Saat Ini Dibanjiri Produk China Lewat Shopee
UMKM Menopang Ekonomi Indonesia. (Foto : http://www.indonesiabaik.id)

Bergeraknya UMKM maka perekonomian di tingkat desa akan terus bergerak. Dan UMKM inilah yang akan menurunkan jumlah pengangguran di sebuah daerah bahkan sebuah negara. 

Saya akan melihat dua sisi, sebagai pedagang. Jika saya adalah reseller baik skala kecil dan besar yang sedang mencari produk murah dan bagus, saya setuju dengan membanjirnya produk murah China ke Indonesia. Namun, jika saya sebagai pengusaha UMKM, mungkin saya akan keberatan jika produk yang sama dengan saya dapat dengan mudah didapatkan dengan harga yang cukup murah yang di import dari China. 
Baca juga : Import Mudah Lewat Alibaba atau Shopee
Perdagangan lintas negara ini adalah soal kebijakan negara. Namun, bagaimana jika perdagangan antar negara itu dapat dengan mudah melalui aplikasi yang ada di setiap rumah-rumah warga negara ini? 

Zaman dahulu mungkin untuk mendapatkan sendok atau piring yang murah, akan belanja ke pusat grosir di daerahnya. Namun, saat ini dengan tidak panas-panasan kita bisa mendapatkan harga termurah dari pada harga grosir tersebut. 

Konsep Kebersamaan dalam Ekspor Dalam Negeri seperti ini tidak dapat dibendung. Siapa yang akan membendungnya? Kita tahu, memang tidak hanya di Indonesia saja. Shopee sudah ada diberbagai negara Asia. Kekuatan kebersamaan inilah yang membuat komunitas pengusaha di China terus menginvasi negara-negara lainnya. 
Baca juga : Pribahasa di Atas Langit Masih Ada Langit
Kekuatan mereka adalah di harga yang sangat-sangat terjangkau dan juga ongkir yang terjangakau. Apakah Anda akan percaya, bahwa harga barang yang kita beli Rp. 11.000 dan ongkir Rp. 10.000? Sebuah kekuatan semacam apa yang demikian itu? Apakah ada bisa mengimbangi kekuatan seperti ini? 

Jujur saja, dengan adanya Shopee saya banyak di untungkan. Karena hal tersebut diatas, saya melakukannya karena saya sabagai reseller. 
Baca juga : Apa Sih Vitamin Anak Yang Bagus Menurut Saya

Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Imaduddin Badrawi, S.Tr.AK
Founder www.infolabmed.com, tim penulis buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik". Aktif menulis di https://www.atlm-edu.id/, https://www.indonewstoday.com/, dan https://kumparan.com/catatan-atlm. Untuk kerjasama bisa melalui e mail : imadanalis@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.